Main Shopee Tanam Bisa Sumbang Ribuan Bibit Pohon di Kaki Gunung Gede Pangrango

Main Shopee Tanam Bisa Sumbang Ribuan Bibit Pohon di Kaki Gunung Gede Pangrango

Main Shopee Tanam Bisa Sumbang Ribuan Bibit Pohon di Kaki Gunung Gede Pangrango

Sambut Hari Konservasi Alam Nasional

Surabaya, Kabarindo- Shopee kembali menyelenggarakan program #ShopeeTanamHutanIndonesia untuk menyambut Hari Konservasi Alam Nasional.

Melalui program #ShopeeTanamHutanIndonesia tahap kedua, pengguna Shopee yang bermain Shopee Tanam bisa mengkonversi hasil panen virtualnya menjadi 1.500 bibit pohon kopi untuk di tanam di kaki Gunung Gede Pangrango.

Program ini hadir sejak 30 Juli hingga 5 Agustus 2022 yang menghadirkan gebrakan baru dalam aktivitas pelestarian lingkungan melalui pemanfaatan teknologi digital, sejalan dengan komitmen jangka panjang #ShopeeAdaUntukIndonesia.

Masyarakat dapat berperan aktif dalam konservasi alam sekaligus pemberdayaan petani kopi lokal dengan bermain Shopee Tanam. Mulai 30 Juli tersedia bibit pohon Hari Konservasi Alam Nasional yang dapat dipanen dalam game Shopee Tanam. Pengguna dapat melakukan klaim dan menukarkannya menjadi bibit pohon kopi yang akan ditanam di Kampung Ciwaluh, kaki Gunung Gede Pangrango. Pengguna Shopee yang telah ikut berdonasi pohon, akan mendapatkan apresiasi dalam bentuk 100 Koin Shopee dan sertifikat yang bisa mereka bagikan di media sosial.

Direktur Eksekutif Shopee Indonesia, Handhika Jahja, menjelaskan hasil panen pada Shopee Tanam akan dikonversikan menjadi 1.500 bibit pohon kopi robusta yang akan ditanam di Kampung Ciwaluh, kaki Gunung Gede Pangrango, Kabupaten Bogor, Jabar, pada akhir Agustus.

“Kegiatan penanaman 1.500 bibit akan melibatkan sejumlah mitra pengemudi dan kurir Shopee. Shopee percaya inovasi pelestarian lingkungan dengan memanfaatkan teknologi digital ini akan menjadi tren, terutama di Indonesia,” ujarnya.

Kampung Ciwaluh berlokasi di hulu Sungai Cisadane, salah satu sungai besar yang mengaliri beberapa wilayah strategis lainnya seperti Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Tangerang dan Tangerang Selatan. Jakarta dan Depok juga mendapat pasokan air dari sungai Cisadane, tepatnya melewati Setu Cilembut. Dengan menjaga kelestarian di Kampung Ciwaluh dapat berkontribusi secara positif bagi kota-kota yang dialiri Sungai Cisadane.

Shopee berkolaborasi kembali dengan Komunitas Sangga Buana. Relawan Komunitas Sangga Buana, Aryo Salaka, mengapresiasi berlanjutnya kolaborasi tersebut. Ia mengatakan, inovasi pelestarian lingkungan secara digital yang dilakukan Shopee dapat memacu antusiasme masyarakat untuk berkontribusi bagi lingkungan.

“Saya berharap kegiatan ini nantinya tidak hanya membantu untuk meningkatkan konservasi di Hulu Sungai Cisadane di kaki Gunung Gede Pangrango, namun juga turut mendukung aspek pemberdayaan masyarakat dengan meningkatkan perekonomian para petani kopi lokal di Kampung Ciwaluh,” ujarnya pada Selasa (2/8/2022).

Kampung Ciwaluh merupakan salah satu kampung terdalam yang terletak di kawasan kaki Gunung Gede Pangrango, Kabupaten Bogor. Desa ini dipilih karena lokasinya berdampingan dengan aliran Sungai Cisadane yang menjadikannya cocok untuk ditanami komoditas, salah satunya kopi. Kopi merupakan komoditas utama sekaligus mayoritas sumber penghasilan warga kampung ini.

Aryo menjelaskan, pohon kopi berfungsi sebagai tanaman konservasi yang baik dan memberikan dampak terhadap perekonomian warga sebagai tanaman produktif. Pohon kopi memiliki akar yang kuat dan lentur serta mampu beradaptasi dengan jenis tumbuhan lain, sehingga mampu menjaga ketahanan tanah di sekitar aliran hulu sungai agar tidak terjadi longsor dan menimbulkan sedimentasi pada aliran sungai. Akar kopi juga mampu mencari sumber resapan air tanah, sehingga menciptakan mata air baru di sekitarnya, meminimalisir kekeringan dan membantu petani lokal menjadi lebih produktif.