Smartfren Business Fokus Kembangkan Solusi Teknologi untuk UMKM, Dukung Transformasi Digital

Smartfren Business Fokus Kembangkan Solusi Teknologi untuk UMKM, Dukung Transformasi Digital

Smartfren Business Fokus Kembangkan Solusi Teknologi untuk UMKM, Dukung Transformasi Digital

Surabaya, Kabarindo- Smartfren Business menghadirkan berbagai solusi teknologi terbaru yang bisa diterapkan oleh UMKM dan bisnis lain di Indonesia.

Solusi teknolosi tersebut berupa aplikasi Point of Sales (PoS) dan aplikasi Human Resource Information System (HRIS) yang berbasis teknologi cloud computing. Harapannya melalui solusi-solusi tersebut, Smartfren Business dapat berkontribusi sebagai katalisator yang mendorong percepatan transformasi digital di Indonesia terutama dalam sektor UMKM.

Transformasi digital di sektor ekonomi adalah salah satu fokus utama Presidensi G20 Indonesia dengan memberikan perhatian serius pada pengembangan teknologi digital, terutama yang mempunyai kontribusi langsung kepada pemberdayaan UMKM dan pengembangan SDM. Smartfren Business mendukung inisiatif tersebut dengan mengembangkan beberapa produk terbaiknya dari sisi teknologi Connectivity, Telephony, ICT, IOT dan Mobility.

Alim Gunadi, Chief Executive Officer Smartfren Business, mengatakan Smartfren Business terus berusaha untuk memberikan yang terbaik kepada pelanggan, yang terdiri dari perusahaan dan para pelaku bisnis di Indonesia.

“Kami melihat potensi UKM cukup besar dan Smartfren menghadirkan end to end solution yang dapat memudahkan proses bisnis melalui teknologi terkini. Kami percaya digitalisasi menjadi kunci utama untuk membuka potensi terbaik dari bisnis yang dijalankan. Dan kami mengajak semuanya untuk memanfaatkan teknologi digital,” ujarnya pada Kamis (30/11/2022).

Solusi yang dikembangkan oleh Smartfren Business antara lain menggunakan teknologi cloud computing berbasis SaaS (software as a service). Di dalamnya termasuk PoS yang merupakan aplikasi kasir untuk memudahkan para pelaku UMKM dalam menjalankan operasional bisnis seperti transaksi, stok, laba rugi data pelanggan secara digital. Sedangkan untuk mendukung kemajuan UMKM, tersedia HRIS yang meliputi sistem digital untuk proses accounting, medical dan sejenisnya.

Menurut Nike P. Kosasih, VP SMB Smartfren Business, UMKM Indonesia berperan besar terhadap perekonomian negeri. Mereka butuh solusi untuk bersaing dan memanfaatkan teknologi agar bisa naik kelas. Untuk itu, Smartfren Business mengembangkan solusi yang dirancang secara inklusif menyesuaikan kebutuhan pelaku UMKM.

Pada 2020, Smartfren Business telah mewujudkan pengembangan konsep Smart Village di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan menyediakan perangkat telekonferensi dan berhasil menghubungkan 29 desa secara digital disusul 45 desa lainnya. Perwujudan smart village ini dilakukan dengan memanfaatkan layanan One Touch UC yang bekerja sama dengan zoom untuk memudahkan aktivitas digital, seperti pertemuan antar operasi perangkat desa (OPD), pengawasan perkembangan desa dan penyuluhan pelaku UKM secara virtual, sehingga membantu terlaksananya kegiatan yang produktif untuk masyarakat.

Noer Tattu Supanery, VP Enterprises Sales Smartfren Business, mengatakan Smartfren Business siap memberikan solusi end-to-end yang memudahkan proses bisnis melalui teknologi terkini. Pihaknya juga telah membantu berbagai sektor untuk memenuhi kebutuhan bisnis dengan layanan digital, termasuk menjadi business consultant bagi perusahaan.

Smartfren Business telah dipercaya oleh banyak klien dari berbagai sektor untuk memberikan solusi atas berbagai masalah yang mereka hadapi. Di antaranya solusi berupa Fiber in The Air bagi PT Megatama Mandiri (Honda Megatama) untuk menunjang kegiatan operasional yang berbasis website dan cloud service. Smartfren Business menyediakan koneksi Fiber in The Air 1:1 berskala internasional dengan bandwith berkapasitas hingga 100 Mbps, sehingga segala aktivitas perusahaan dapat berjalan dengan baik.

Smartfren Business juga mementingkan efisiensi dalam memberikan solusi. Contohnya pemecahan masalah sistem IT yang dialami PT Eka Mas Republik (My Republic). Smartfren Business membantu perusahaan ini melakukan ekspansi secara horizontal maupun vertikal melalui pembenahan ekosistem SAP dengan menghadirkan solusi berupa platform Google Cloud, agar penyimpanan dan akses data menjadi lebih efisien. Juga memberikan solusi end-to-end bagi perusahaan dengan membangun disaster recovery data center.