Tips Memilih Parfum yang Cocok untuk Berbagai Acara, Tetap Wangi Seharian

Tips Memilih Parfum yang Cocok untuk Berbagai Acara, Tetap Wangi Seharian

Tips Memilih Parfum yang Cocok untuk Berbagai Acara, Tetap Wangi Seharian

Surabaya, Kabarindo- Selain gaya berpakaian dan make-up, parfum juga bisa digunakan sebagai bentuk ekspresi diri yang mencerminkan karakter seseorang.

Parfum dapat meningkatkan rasa percaya diri dan membantu meninggalkan kesan di manapun kita berada. Rasa percaya diri yang terbentuk dapat mendorong orang untuk lebih produktif dan berkegiatan secara optimal. Contohnya, orang yang suka menggunakan wangi aquatic biasanya memiliki kepribadian yang lebih tenang dan berjiwa bebas.

Terdapat banyak brand parfum mulai dari merek lokal hingga high-end yang menawarkan berbagai variasi parfum berkualitas dengan wangi beragam, yang bisa disesuaikan selera masing-masing. Meski demikian, ragam parfum dengan berbagai jenis dan aroma yang terlalu banyak bisa membuat kita sulit untuk menentukan parfum yang tepat dan sesuai dengan selera serta kebutuhan.

Daniel Minardi, Head of Brands Management & Digital Products Shopee Indonesia, mengatakan layaknya aksesoris, parfum sudah menjadi produk yang sering kali digunakan sebagai langkah akhir untuk melengkapi penampilan sebelum menjalani berbagai aktivitas.

“Minat masyarakat akan parfum semakin meningkat dalam beberapa tahun teerakhir. Hal ini dapat dilihat dari semakin tumbuhnya pangsa pasar industri parfum lokal yang mendorong brand untuk terus berkembang dan berinovasi guna menyediakan beragam produk parfum dengan kualitas yang bersaing,” ujarnya pada Selasa (31/1/2023).

Berikut ini tips dari Shopee sebagai acuan guna membantu menemukan aroma yang cocok untuk berbagai aktivitas.

Parfum citrus agar tetap fresh beraktivitas seharian

Untuk beraktivitas sehari-hari seperti sekolah atau bekerja, sebaiknya pilih parfum dengan aroma yang menyegarkan, seperti citrus untuk meningkatkan energi dan mood serta memberikan nuansa yang ceria. Jika ingin menambah kesan feminin, bisa menggunakan parfum citrus yang dikombinasikan dengan notes floral yang ringan.

Tidak hanya sekadar wangi, terdapat beberapa jenis parfum yang bisa dipilih berdasarkan tingkat konsentrasi yang mempengaruhi ketahanan aromanya. Ada beberapa kategori konsentrasi parfum. Umumnya dibagi menjadi tiga yaitu Eau de Cologne (EDC) dengan tingkat 2%-5%, Eau de Toilette (EDT) dengan tingkat 5% -15% dan Eau de Perfume (EDP) dengan tingkat 15%-20%. Saat melakukan kegiatan dengan mobilitas yang tinggi, tentunya kita membutuhkan parfum dengan konsentrasi yang lebih banyak agar tetap tahan lama, namun tetap soft untuk beraktivitas seharian.Nah, anda bisa memilih parfum jenis EDT.

Ciptakan kesan romantis dengan parfum gourmand untuk date night

Selain tampil maksimal dengan menggunakan outfit terbaik dan riasan make-up, parfum penting untuk melengkapi penampilan sekaligus meningkatkan rasa percaya diri setiap hendak pergi kencan. Untuk meninggalkan kesan yang feminin, manis dan memorable, gunakan parfum dengan wangi gourmand yang berasal dari makanan seperti vanila, karamel, kokelat dan sebagainya.

Selain aromanya memikat, parfum gourmand cenderung memiliki sillage, projection dan longevity (SPL) yang lebih kuat, sehingga wanginya akan lebih tahan lama, dapat tercium dari jarak jauh dan meninggalkan jejak, bahkan setelah anda meninggalkan ruangan.

Tampil memukau di acara formal dengan wangi floral dan woody yang elegan

Ketika menghadiri acara formal atau resmi, tentunya kita ingin memberikan impresi terbaik dengan menciptakan persona yang elegan. Anda bisa memilih parfum dengan notes floral yang klasik seperti lily of the valley, jasmine dan rose.

Jika merasa wangi floral terlalu biasa, anda bisa bereksperimen menggunakan teknik layering, yaitu menggabungkan dua parfum berbeda untuk menciptakan wangi yang baru, guna membuat signature scent yang khas dan tidak pasaran. Tidak ada aturan tetap dalam melakukan layering parfum, namun sebaiknya campurkan dua parfum dengan wangi berbeda seperti floral dan woody untuk mendapatkan aroma yang benar-benar baru dan unik.