4 Tahun Dimakamkan, Jasad Mbah Maimun Zubair Masih Utuh!

4 Tahun Dimakamkan, Jasad Mbah Maimun Zubair Masih Utuh!

KABARINDO, JAKARTA – Jasad ulama kharismatik KH Maimun Zubair atau Mbah Moen masih utuh meski telah dikubur sekira empat tahun silam.

Hal tersebut diketahui saat Pemerintah Kerajaan Arab Saudi beberapa waktu lalu membongkar makam Mbah Moen bersama sejumlah makam yang lainnya di Ma’la Makkah.

Diketahui, Mbah Moen merupakan pimpinan pondok pesantren Al Anwar, Rembang. Ia juga merupakan mustasyar PBNU.

Pembongkaran ini biasa dilakukan tiga atau empat tahun sekali karena luas lahan pemakaman di area ini cukup terbatas. Banyak jenazah warga Indonesia yang dimakamkan di Ma’la. Jenazah yang diketahui sudah hancur kemudian dipindahkan.

Hayatul Maqi atau yang biasa disapa Gus Hayat menuturkan detik-detik jelang meninggalnya Mbah Moen.

"Beliau minta wudhu, itu jam tiga kurang sepuluh (02.50 waktu Arab Saudi-red). Iya, minta mau tahajud," kata dia, beberapa waktu lalu.

Setelah itu, dia melanjutkan, Mbah langsung lemas.

"Langsung dibawa ke rumah sakit. Jam 04.17 beliau meninggal," ucapnya.

Dia menjelaskan, Mbah Moen telah menyelesaikan prosesi ibadah umrah. Sehari-hari sejak tiba di Tanah Suci sejak sembilan hari lalu, Mbah giat salat berjamaah di Masjidil Haram.

Mbah Moen meninggal dunia di Rumah Sakit An Noer, Makkah, Arab Saudi, Selasa 6 Agustus 2019, pada pukul 04.17 waktu Arab Saudi. Artinya sudah sekitar 4 tahun lalu jenazahnya dikebumikan di Ma'la.

Kendati demikian, saat makamnya dibongkar, jenazah Mbah Moen masih diketahui utuh sehingga, jenazahnya tetap dimakamkan di Ma’la tidak dipindahkan.

Peristiwa ini dikonfirmasi langsung oleh Gus Rifqil Muslim Suyuthi kepada petugas makam di Ma'la atas nama Muhammad Ali. Gus Rifqil, sapaan akrabnya, sempat berkomunikasi langsung dengannya menggunakan bahasa Arab kepada petugas makam.

“Saya konfirmasi ke Muhammad Ali, Petugas Makam yang ikut membuka dan melihat langsung mengatakan masih utuh," kata Gus Rifqil dilansir NU Online, Minggu (30/7/2023).

Gus Rifqil memastikan, bahwa Muhammad Ali adalah orang yang memang bertugas menggali makam di Ma'la, termasuk makam Mbah Moen. Kepada Gus Rifqil, ia bersaksi melihat langsung jasad Mbah Moen masih utuh.

"Beliau ini adalah orang menggali (makam Mbah Moen) dan melihat langsung dan bersaksi jasadnya masih ada," ujar Gus Rifqil.