5 Kiat Untuk Si Kecil; Sambut Musim Penghujan

5 Kiat Untuk Si Kecil; Sambut Musim Penghujan

Jakarta, Kabarindo- Musim hujan sudah berlangsung beberapa minggu ini, dan diprediksi akan berakhir hingga bulan Februari 2018.

Udara saat ini sangat lembab yang mengakibatkan mudahnya bakteri berkembang. Tidak heran jika kemudian si Kecil jadi lebih rentan terserang berbagai penyakit di musim hujan. 

Untuk mencegahnya, yuk simak beberapa tips menjaga kesehatan si Kecil saat musim hujan berikut ini!

1. Memasak Air Minum

Menjaga tubuh si Kecil agar tetap terhidrasi tentu penting untuk dilakukan, terutama saat musim hujan. Apalagi udara dingin kerap membuat rasa haus menjadi berkurang, sehingga kebutuhan cairan tubuh pun jadi tak terpenuhi. Namun, pastikan air minum yang ia konsumsi aman untuk tubuhnya dengan memasaknya terlebih dahulu, setidaknya dengan suhu 100 derajat Celcius. Cara ini dinilai dapat membunuh bakteri patogen penyebab berbagai penyakit. Selain memasaknya, water purifier juga bisa menjadi pilihan untuk menjaga air minum si Kecil bebas dari bakteri.

2. Memakaikan Pakaian yang Hangat

Tak hanya memberikan makanan seperti sup atau minuman hangat, memakaikan si Kecil pakaian yang tepat juga bisa menjaga tubuhnya dari udara dingin di musim hujan. Jenis pakaian dengan bahan wol atau bulu domba bisa Mum pilih untuk dipakaikan pada si Kecil. Saat ia tidur, jangan lupa juga untuk memakaikannya selimut agar tubuhnya tetap hangat ya, Mum.

Dara memberikan rekomendasi Jaket Tebal dua lapis yang cocok untuk anak, dimana lapisan luar merupakan parasut, sementara bagian dalam berbahan fleece yang hangat sehingga membuat anak tetap nyaman di musim hujan.

3. Awasi si Kecil saat Bermain di Luar Rumah

Saat musim hujan, Mum tetap bisa kok mengajak si Kecil bermain di luar rumah. Namun agar tidak terserang penyakit, selalu awasi si Kecil agar tidak bermain di area berlumpur dan memiliki genangan air, ya. Sebab, area tersebut merupakan tempat strategis berkembangnya virus dan bakteri penyebab penyakit musim hujan. Selain itu, pastikan si juga Kecil mengenakan sepatu tertutup saat beraktivitas di luar rumah untuk mencegah paparan kotoran yang mengandung berbagai jenis kuman dan bakteri.

4. Cegah si Kecil dari Gigitan Nyamuk

Banyaknya genangan air saat musim hujan, membuat perkembangan nyamuk semakin meningkat. Jika dibiarkan, si Kecil pun berisiko terserang penyakit demam berdarah yang biasa disebabkan oleh gigitan nyamuk aedes aegypti. Guna menghindarkannya dari gigitan nyamuk; mengoleskan lotion anti nyamuk yang aman untuk anak bisa dijadikan pilihan. Selain itu, jaring anti nyamuk juga bisa Mum gunakan saat si Kecil tidur.

5. Memberikan Asupan Nutrisi yang Tepat

Selain melakukan beberapa hal di atas, memberikan asupan kaya nutrisi yang dapat memperkuat daya tahan tubuh si Kecil dari dalam, penting dilakukan agar ia tidak mudah terserang penyakit. Dengan begitu, si Kecil pun bisa lebih banyak bereksplorasi dan mendapatkan pengalaman berharga bersama Mum.