55.000 Vaksin Rabies Untuk Tingkatkan Kesehatan Hewan Kesayangan di Indonesia

55.000 Vaksin Rabies Untuk Tingkatkan Kesehatan Hewan Kesayangan di Indonesia

55.000 Vaksin Rabies Untuk Tingkatkan Kesehatan Hewan Kesayangan di Indonesia

Kolaborasi dengan 25 cabang Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia dan 400 klinik dokter hewan

Surabaya, Kabarindo- Dalam rangka memperingati World Rabies Day 2024 yang bertema "Breaking Rabies Boundaries," Royal Canin dan Zoetis mendonasikan 55.000 vaksin rabies untuk meningkatkan kesehatan kucing dan anjing di Indonesia. Jumlah ini dua kali lebih besar dibandingkan donasi vaksin pada tahun sebelumnya.

Inisiatif tersebut telah berjalan selama tiga tahun berturut-turut untuk menekankan pentingnya kerja sama dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan kesehatan dan kesejahteraan hewan kesayangan. Ini merupakan bagian dari kampanye #AyoKeDokterHewan melalui penyediaan layanan kesehatan hewan dan pencegahan penyakit, terutama vaksinasi rabies, untuk membantu mengatasi masalah kesehatan bagi hewan kesayangan dan manusia.

Selama tiga dekade terakhir, rabies masih menjadi tantangan kesehatan masyarakat yang serius di Indonesia, dengan 26 provinsi masih menyandang status endemis. Salah satu hambatan dalam penanggulangan rabies adalah kurangnya kesadaran masyarakat akan langkah-langkah pencegahan serta pentingnya pemberian layanan kesehatan untuk hewan kesayangan.

Menanggapi tantangan ini, Royal Canin dan Zoetis bekerja sama dengan 25 cabang Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) di seluruh Indonesia guna meningkatkan kesadaran masyarakat agar membawa hewan kesayangan mereka ke dokter hewan untuk melakukan perawatan kesehatan dasar, seperti vaksinasi. Kemitraan ini untuk memastikan distribusi vaksin yang efisien ke wilayah yang paling membutuhkan, dengan fokus pada area utama seperti Jawa, Bali, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi dan Papua. Inisiatif ini berlangsung dari 26 September hingga 27 Oktober 2024.

Ridarrahim Nirwandar, Presiden Direktur Royal Canin Indonesia, mengatakan pihaknya percaya bahwa kesehatan hewan kesayangan membutuhkan solusi nutrisi yang tepat dan pemeriksaan ke dokter hewan secara berkala. Kemitraan Royal Canin dengan Zoetis dalam mendukung kegiatan PDHI mencerminkan komitmennya dalam mewujudkan ‘Dunia yang Lebih Baik untuk Hewan Kesayangan’, dengan mempromosikan kesehatan hewan kesayangan, terutama kucing dan anjing, agar dapat berkembang dalam keadaan sehat dan bahagia,

“Kami mendorong semua orang untuk menjadi pemilik hewan kesayangan yang bertanggung jawab dengan memastikan hewan kesayangan mereka mendapatkan pemeriksaan kesehatan dan vaksinasi secara rutin. Hal ini sangat penting untuk mencegah rabies serta melindungi kesehatan hewan kesayangan dan masyarakat umum,” ujarnya.

Ridarrahim merujuk pada studi internal Royal Canin berjudul Vet Visitation Research 2023, yang menyebutkan 7 dari 10 pemilik hewan kesayangan tidak membawa hewan kesayangan mereka ke dokter hewan. Studi internal lainnya mengungkapkan hanya 10% pemilik hewan kesayangan yang memastikan hewan mereka mendapatkan vaksinasi tahunan.

“Kurangnya kesadaran di kalangan pemilik hewan ini sangat memprihatinkan. Untuk mengatasi masalah ini, Royal Canin Indonesia secara konsisten mengkampanyekan #AyoKeDokterHewan dan #AyoVaksinasi untuk meningkatkan kesadaran tentang kesejahteraan kucing dan anjing” ujarnya.

Data dari Kemenkes menunjukkan terdapat 86-90 kematian setiap tahun akibat serangan hewan pembawa rabies. Data tersebut juga mencatat 1.583 kasus gigitan rabies yang terkonfirmasi dan sekitar 86.000 insiden gigitan hewan yang diduga rabies pada 2023. Data yang mengkhawatirkan ini menekankan perlunya strategi pencegahan yang komprehensif untuk melawan rabies, terutama di daerah-daerah berisiko tinggi.

Menurut Ulrich E. Ginting, General Manager Zoetis Indonesia, rabies pada hewan adalah penyakit yang dapat sepenuhnya dicegah melalui vaksinasi, dan Zoetis berkomitmen untuk memastikan bahwa solusi yang menyelamatkan nyawa ini dapat menjangkau masyarakat di seluruh Indonesia. Kampanye ini melindungi hewan kesayangan, juga mendukung kesehatan keluarga dan masyarakat.

“Sebagai satu dari dua pemasok vaksin yang telah mendapat persetujuan dari Organisasi Kesehatan Hewan Dunia (OIE), Zoetis berkomitmen untuk mendukung tujuan OIE untuk mengakhiri kematian manusia akibat rabies pada 2030. Melalui kemitraan ini, kami berkomitmen untuk mengatasi hambatan dalam pencegahan rabies, bekerja menuju masa depan di mana penyakit mematikan ini dapat diberantas,” ujarnya.

Memasuki tahun ketiga, kemitraan Royal Canin dan Zoetis dengan 25 cabang PDHI dan 400 klinik hewan di seluruh Indonesia, menunjukkan solusi yang terintegrasi untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan hewan kesayangan. Kolaborasi ini sejalan dengan tema World Rabies Day tahun ini, yaitu Breaking Rabies Boundaries, dan mendukung agenda nasional Indonesia dalam memerangi rabies. Dengan meningkatkan cakupan vaksinasi dan kesadaran publik, inisiatif ini mendukung upaya pemerintah untuk pencegahan rabies yang lebih komprehensif, sehingga kesehatan manusia dan hewan tetap menjadi prioritas dalam melawan penyakit mematikan ini.

Foto: istimewa