AC Milan Galang Dana, Jual Jersey Replika Andriy Shevchenko

AC Milan Galang Dana, Jual Jersey Replika Andriy Shevchenko

KABARINDP. MILAN – Klub AC Milan galang dana dengan menjual jersey Andriy Shevchenko demi membantu korban perang Ukraina vs Rusia.

AC Milan jadi salah satu klub yang lantang untuk membantu korban perang di Ukraina. Rossoneri (julukan AC Milan) menggalang dana penjualan jersey salah satu legenda klubnya, yaitu Andriy Shevchenko.

Andriy Shevchenko pernah membela AC Milan dua periode. Pertama pada 1999-2006. Sementara periode kedua dengan status pinjaman dari Chelsea pada 2008-2009.

Ketika di AC Milan periode pertama, pemain berkebangsaan Ukraina itu sudah memboyong banyak gelar. Di antaranya trofi Liga Italia dan Liga Champions. Selain itu, ia juga pernah menggondol penghargaan Ballon dOr pada 2004.

Mengenai penjualan jersey, pihak klub sudah menyiapkan seragam replika yang dikenakan Shevchenko pada final Liga Champions 2002-2003 di Manchester. Dalam keterangan resminya, Rossoneri menyebut hasil penjualan jersey akan disumbangkan kepada Palang Merah Italia.

Kemudian, Palang Merah Italia akan menyalurkan dana tersebut ke tim yang bertugas di Ukraina. Melalui lembaga yang bernama Fondazione Milan, Rossoneri akan mengumpulkan bantuan untuk mereka yang terdampak perang.

AC Milan dalam laman resminya, Jumat (11/3/2022) menulis bahwa seluruh keluarga Rossoneri memobilisasi untuk mendukung rakyat Ukraina.

Aliansi badan-badan yang terlibat juga akan melihat kontribusi besar dari mitra Klub, termasuk Banco BPM, La Molisana, Lete dan Segafredo, dan semua karyawan dan anggota Klub, yang akan dapat mengumpulkan kebutuhan dasar pada hari-hari khusus di Casa Milan, Milanello dan Vismara

“Karena itu, kami (AC Milan, red) memberi dukungan kepada negara Andriy Shevchenko. Klub telah merancang replika jersey baru: Edisi Khusus – Manchester 2003 untuk Ukraina dengan nama Shevchenko dan nomor 7 di bagian belakang jersey,” tulisnya lagi.

Nantinya, jersey ini juga akan dihiasi dengan bendera resmi Ukraina di bagian bahu dan dada. Selain itu, Rossoneri juga akan mencetak tulisan ‘AC Milan untuk perdamaian’ dalam jersey tersebut.

Jersey tersebut sudah mulai dipasarkan mulai Jumat 11 Maret 2022, melalui toko resmi merchandise AC Milan. Harga yang dipatok untuk jersey ini adalah sebesar 50 euro atau sekira Rp790 ribu.

Namun, para penggemar bisa menambahkan dana lebih, untuk disumbangkan ke Fondazione Milan. Tak hanya lewat jersey, dukungan AC Milan juga ditunjukkan dengan mengadakan kamp pelatihan sepakbola.

Nantinya anak-anak yang datang dari daerah konflik, khususnya Ukraina bisa mendapat pelatihan sepakbola. Kamp pelatihan itu rencananya akan digelar di Milan Junior Camp, Italia mulai musim panas tahun ini.