Ada 34 Kabupaten/Kota di Indonesia yang Masyarakatnya Tak Patuh Pakai Masker

Ada 34 Kabupaten/Kota di Indonesia yang Masyarakatnya Tak Patuh Pakai Masker

KABARINDO, JAKARTA - Pandemi Covid-19 belum berakhir tetapi sejumlah kelompok masyarakat sudah mulai mengendurkan protokol kesehatan yang selama ini sudah disosialisasikan secara masif.

Hal itu dibuktikan dengan temuan Satgas Penanganan Covid-19 yang menyebutkan ada 32 kabupaten/kota di Indonesia yang masyarakatnya tidak patuh memakai masker.

"Data menunjukkan bahwa pada kabupaten/kota itu hanya kurang dari 60 persen warga yang patuh memakai masker," ujar juru bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, pada Kamis (9/12/2021).

Wiku Adisasmito lantas sedikit merinci kabupaten/kota yang dimaksud. Mulai dari Cilacap, Tegal, dan Rembang di Jawa Tengah.

Baca Juga: Band Death Metal Omicron Tak Akan Ubah Nama Gara-gara Mirip Varian Baru COVID-19

Kemudian Balangan, Kotabaru, dan Banjarbaru di Kalimantan Selatan. Jumlah yang sama juga dimiliki Sulawesi Selatan lewat Barru, Bulukumba, dan Toraja Utara..

Dari Sulawesi Tenggara ada Wakatobi, Buton, Buton Selatan, Konawe Selatan, dan Baubau. Daerah Empat Lawang, Ogan Komering Ulu Selatan, dan Banyuasin di Sumatra Selatan pun masuk lis ini.

Wiku Adisasmito pun meminta masyarakat untuk mematuhi kebijakan pemerintah untuk mencegah lonjakan kasus, mempertahankan disiplin protokol kesehatan, serta ikut program vaksinasi.

 

Lebih lanjut, Wiku Adisasmito juga mengingatkan potensi lonjakan kasus pada momen libur Natal dan Tahun Baru mendatang.

"Penting untuk diingat, pemerintah telah mempelajari dampak kenaikan dari lonjakan kasus pertama dan kedua pascalibur panjang. Maka dari itu, pemerintah akan mengambil semua langkah antisipatif sejak dini," katanya.

"Masyarakat dimohon untuk melakukan mobilitas hanya ketika diperlukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan menyiapkan syarat perjalanan yang diperlukan, seperti testing dan vaksinasi."

Sumber Berita: Antara
Foto: Antara