Aktor Cilian Murphy Raih Piala Oscar Pertama

Aktor Cilian Murphy Raih Piala Oscar Pertama

KABARINDO, JAKARTA -  Aktor Cillian Murphy memenangkan penghargaan untuk Aktor Terbaik dalam Academy Award Ke-96 atau Piala Oscar 2024. Ini merupakan pengalaman pertama bagi pemain film Oppenheimer tersebut.

 

Cillian Murphy berperan sebagai J Robert Oppenheimer, karakter utama Oppenheimer yang merupakan film biografi tentang ilmuwan perintis senjata atom. Karakter tersebut berhasil membuatnya dapatkan Piala Oscar pertamanya.
Diketahui bahwa Academy Award Ke-96 atau Piala Oscar 2024 digelar di Dolby Theatre, Los Angeles pada Senin, 11 Maret, waktu Jakarta. Acara tersebut berlangsung selama tiga jam dengan mengumumkan 23 kategori pemenang

Film Oppenheimer merupakan karya garapan sutradara Christopher Nolan.  Ini menjadi proyek keenam Cillian Murphy bersama sutradara tersebut setelah pertama kali mendapatkan peran dalam film Batman Begins (2005) sebagai orang-orangan sawah.

Dalam pidato kemenangannya, Cillian Murphy berterima kasih kepada Christopher Nolan selaku sutradara, tim produksi, dan keluarganya yang telah percaya atas perannya itu. Ia juga menegaskan bahwa kemenangannya itu didedikasikan untuk para pembawa perdamaian di seluruh dunia.

"Kami membuat film tentang orang yang menciptakan bom atom dan, baik atau buruk, kami sekarang hidup di dunia Oppenheimer. Jadi, saya ingin mendedikasikan ini kepada para pembawa perdamaian di mana pun," ujar Cillian Murphy, dikutip dari The Guardian, Senin, 11 Maret 2024.

Dalam kategori Aktor Terbaik, Cillian Murphy berhasil mengalahkan pesaing kuatnya. Mulai dari Paul Giamatti untuk The Holdovers, Jeffrey Wright untuk American Fiction, dan Bradley Cooper untuk Maestro.

Menariknya, ini merupakan pengalaman pertama bagi Cillian Murphy untuk masuk ke dalam nominasi Oscar. Lalu, ia membawa pulang Piala Oscar pertamanya untuk Aktor Terbaik.

Dengan begitu, Cillian Murphy menjadi aktor ketiga asal Irlandia yang memenangkan Piala Oscar, setelah Daniel Day-Lewis dengan kewarganegaraan Irlandia (Aktor Terbaik untuk My Left Foot (1989), There Will Be Blood (2007), dan Lincoln (2012)), dan Barry Fitzgerald (Aktor Pendukung Terbaik untuk Going My Way (1945)).

Cillian Murphy merupakan aktor asal Iralndia kelahiran 25 Mei 1976. Ia memulai debut profesionalnya dalam drama Disco Pigs karya Enda Walsh pada 1996 silam dan dikenal atas perannya dalam film horor 28 Days Later (2002).

Sementara itu, Oppenheimer merupakan film biopik yang menceritakan perjalanan seorang fisikawan teoretis di balik penciptaan bom atom pertama dalam sejarah bernama J. Robert Oppenheimer. Film tersebut menampilkan kisah sang fisikawan bersama ilmuwan lain yang terlibat dalam Proyek Manhattan.