American Film Institute Awards: Semua adalah Pemenang

American Film Institute Awards: Semua adalah Pemenang

KABARINDO, BEVERLY HILLS – Dari Bradley Cooper hingga Steven Spielberg, beberapa bintang Hollywood paling cemerlang berkumpul untuk bersantai dan menyesap anggur di ruang dansa mewah di mana semua orang akhirnya pergi sebagai pemenang di American Film Institute Awards pada hari Jumat (11/3).

Makan siang khusus undangan AFI tahunan itu menghormati 10 film dan 10 acara televisi dengan pujian-pujian tentang proyek yang dirayakan, diikuti dengan potongan film singkat dari sebuah adegan. 

Serupa tapi Tak Sama

Berbeda dengan acara penghargaan-penghargaan bergengsi lainnya, acara AFI adalah tentang bersenang-senang dan menciptakan suasana santai tanpa tekanan.

“Jika Anda pernah bersama kami sebelumnya, Anda tahu permainannya. Permainannya adalah: Tidak ada permainan,” kata Presiden AFI Bob Gazzale yang membuat banyak penonton tertawa. "Kamu telah menang. Yang terpenting hari ini, kalian semua menang.”

Di antara yang hadir di acara tersebut adalah bintang “Tick, Tick… BOOM!” Andrew Garfield, Lee Jung-jae dan Jung Ho-yeon dari “Squid Game,” Bradley Cooper dan aktor "Licorice Pizza" Cooper Hoffman, serta bintang “WandaVision” Kathryn Hahn yang, menurut Associated Press, berusaha keras untuk menemui para pemain “Squid Game” di meja mereka di sebuah ballroom di Beverly Hills, California.

Meryl Streep, Ahmir “Questlove” Thompson, Guillermo del Toro, Keegan-Michael Key dan Rita Moreno, juga sutradara “The Power of The Dog” Jane Campion ikut meramaikan acara itu.

Bintang “West Side Story” Ariana DeBose sempat terlihat melakukan percakapan riang dengan Spielberg di karpet merah, sementara Garfield berfoto bersama dengan bintang “CODA” Marlee Matlin setelah acara tersebut.

Serupa dengan pilihan penghargaan lain, film-film yang diakui AFI termasuk “CODA,” “Don’t Look Up,” “Dune,” “King Richard,” “Licorice Pizza,” “Nightmare Alley,” “The Power of the Dog,” “Tick, Tick…BOOM!” “The Tragedy of MacBeth” dan “West Side Story.”

Sementara itu, acara televisi yang dihormati adalah "Hacks", "Maid", "Mare of Easttown", "Reservation Dogs", "Schmigadoon!" “Succession,” “Ted Lasso,” “The Underground Railroad,” “WandaVision” dan “The White Lotus.”

“Squid Game,” “Belfast” dan “Summer of Soul (...or: The Revolution Will Not Be Televised’)” menerima penghargaan khusus selama acara itu.

(Foto: Sinematografer Australia Ari Wagner, Sutradara Jane Campion, dan aktris Meryl Streep dalam acara makan siang penghargaan AFI, Jumat (11/3), di Beverly Hills -Anne Thompson/Indie Wire)

Sidney Poitier

Morgan Freeman menutup makan siang dengan doa untuk merayakan para penerima penghargaan, termasuk mendiang aktor Sidney Poitier, yang meninggal pada usia 94 awal tahun ini.

“Seseorang harus mendobrak pintu,” kata Freeman tentang Poitier, aktor inovatif yang mengubah cara orang kulit hitam digambarkan di layar. “Dalam bisbol, itu Jackie Robinson. Dalam politik, Barack Obama. Bagi kami, itu adalah Sidney Poitier. Tidak ada Sidney, tidak ada Halle Berry. Tidak ada Sidney, tidak ada Viola Davis. Tidak ada Sidney, tidak ada Denzel. S***, tidak ada Sidney, tidak ada aku.”

“Meskipun Sidney tidak lagi bersama kita, cahayanya tidak akan pernah redup,” lanjutnya, “Tidak peduli dari mana Anda berasal atau siapa Anda, dia adalah, dan akan selalu menjadi inspirasi.”

***(Sumber: AP; Foto: Indie Wire)