Ancaman Biden dan Janji Putin Terkait Ketegangan Ukraina

Ancaman Biden dan Janji Putin Terkait Ketegangan Ukraina

KABARINDO, Washington/Moskow - Presiden A.S. Joe Biden mengatakan pada hari Rabu (8/12) bahwa dia memperingatkan Presiden Rusia Vladimir Putin akan konsekuensi ekonomi yang berat jika Rusia mencoba menyerang Ukraina. Sementara itu, Putin berjanji bahwa Moskow akan mengajukan proposal untuk dialog keamanan dengan AS dalam beberapa hari mendatang.

Keputusan AS

"Jika mereka benar-benar menginvasi Ukraina, akan ada konsekuensi berat, konsekuensi berat. Konsekuensi ekonomi seperti yang belum pernah Anda lihat. Saya benar-benar yakin dia mendapatkan pesannya.” tegas Biden.

Baca juga: Biden Pertimbangkan Memasukkan Bank-bank Rusia ke Daftar...

Namun, Biden juga menyampaikan AS tidak berniat berkonfrontasi langsung dengan Rusia. Menurutnya, kewajiban AS adalah untuk melindungi sekutu NATO jika mereka diserang, jadi [bantuan kekuatan militer mereka] tidak akan meluas ke Ukraina karena negara itu bukan bagian dari aliansi militer Atlantik tersebut.

“Gagasan bahwa Amerika Serikat akan menggunakan kekuatan secara sepihak untuk menghadapi Rusia karena menginvasi Ukraina tidak ada dalam kartu saat ini,” kata Biden.

Pada saat yang sama, dia mengatakan bahwa AS, sekutunya, dan Rusia dapat duduk untuk melakukan pembicaraan guna membahas keluhan Moskow tentang ekspansi NATO.

“Kami berharap pada hari Jumat (10/12) kami akan dapat mengumumkan kepada Anda bahwa kami mengadakan pertemuan di tingkat yang lebih tinggi, dengan setidaknya empat sekutu utama NATO kami, beserta Rusia untuk membahas masa depan kekhawatiran Rusia terhadap NATO yang relatif besar, dan apakah kami dapat mengakomodasinya agar bisa menurunkan ketegangan di sepanjang perbatasan timur (di Ukraina),” kata Biden.

Tanggapan Putin

Putin, dalam pembicaraan televideo hari Selasa (7/12) dengan Biden, mencari jaminan Barat untuk tidak melakukan ekspansi NATO ke Ukraina. Ia membantah argumen bahwa Rusia tidak memiliki suara dalam perluasan aliansi militer itu dengan menyatakan bahwa keamanan di Eropa pasti saling menguntungkan.

“Setiap negara tentu memiliki hak untuk memilih cara yang paling dapat diterima untuk memastikan keamanannya, tetapi itu harus dilakukan dengan cara yang tidak melanggar kepentingan dan merusak keamanan negara lain, dalam hal ini Rusia,” kata Putin. “Keamanan harus bersifat global dan mencakup semua orang secara merata.”

“Kami tidak boleh tidak khawatir tentang prospek bergabungnya Ukraina ke NATO, karena itu pasti akan mengarah pada pengerahan kontingen militer, pangkalan dan senjata yang akan mengancam kami nantinya,” katanya kepada wartawan setelah pembicaraan di Sochi dengan Perdana Menteri Yunani yang sedang berkunjung, Kyriakos Mitsotakis.

Baca juga: Putin Membalas Peringatan NATO

Dia menggambarkan percakapan dua jam dengan Biden sebagai "sangat terbuka, spesifik dan, saya akan katakan konstruktif," menambahkan bahwa dia dan Biden telah sepakat untuk meminta para ahli untuk melakukan pembicaraan tentang keamanan di Eropa.

“Kami melanjutkan dari asumsi bahwa kali ini kekhawatiran akan didengar,” katanya, mencatat bahwa Barat mengabaikan keluhan Moskow di masa lalu tentang ekspansi NATO ke timur untuk menggabungkan bekas sekutu Soviet di Eropa Tengah dan Timur dan bekas republik Soviet di Baltik. .

Ditanya pada hari Rabu (8/12) apakah Rusia akan menyerang Ukraina, Putin menyebut pertanyaan itu provokatif, dengan mengatakan bahwa “Rusia melakukan kebijakan luar negeri yang damai, tetapi memiliki hak untuk memastikan keamanannya dalam perspektif jangka menengah dan panjang.” *** (Sumber: AP; Foto: OICanadian)