Arab Saudi Telah Cabut Larangan Terbang, Desember Warga Muslim Indonesia Bisa Umroh!

Arab Saudi Telah Cabut Larangan Terbang, Desember Warga Muslim Indonesia Bisa Umroh!

KABARINDO, JAKARTA – Warga Indonesia yang ingin umrah saat ini dapat langsung terbang ke Arab Saudi tanpa harus transit ke negara ketiga.

Hal ini setelah otoritas penerbangan Arab Saudi atau General Authority of Civil Aviation (GACA), menerbitkan edaran mengenai pembukaan suspend penerbangan dari Indonesia yang terhitung mulai 1 Desember 2021.

“Menindaklanjuti dicabutnya suspend penerbangan, Kementerian Agama RI dan Kementerian Haji Saudi akan membahas teknis penyelenggaraan umrah," ujar Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief Minggu(28/11/2021).

Kendati demikian, bukan berarti keberangkatan jamaah umrah bisa langsung dilakukan pada 1 Desember 2021. Karena masih ada proses persiapan yang harus dilakukan, antara lain terkait pendataan jamaah, paket layanan, dan pengurusan visa.

"Saya dan tim Konsul Haji KJRI Jeddah dijadwalkan hari ini membahas dan mendiskusikan skenario penyelenggaraan umrah bersama Kementerian Haji dan Umrah Saudi,"ucap dia.

Nantinya, pihaknya akan memaparkan kesiapan Indonesia dan skenario pemberangkatan jamaah umrah di masa pandemi. Skenario tersebut antara lain berkenaan dengan one gate policy (kebijakan satu pintu), skema karantina, validasi sertifikat vaksin dan hasil PCR, manasik umrah di masa pandemi, serta lainnya.
 

Dirjen PHU berharap skenario bersama ini dapat segera disepakati sehingga menjadi panduan bagi pemerintah, penyelenggara perjalanan ibadah umrah (PPIU), dan juga jamaah umrah. Foto : Arab News