Arti Kopdar dan Manfaatnya Bagi Komunitas

Arti Kopdar dan Manfaatnya Bagi Komunitas

KABARINDO, JAKARTA- Kalau kita masuk ke komunitas, entah komunitas mobil, motor, sepeda, tanaman, batu cincin dan masih banyak lagi pasti tak asing dengan istilah kopdar. Apa itu kopdar? Apa kaitannya dengan kegiatan komunitas yang ada di Indonesia?

Apa Itu Kopdar?

Kopdar sebenarnya adalah sebuah singkatan. Kata asli yang digunakan adalah kopi darat, yang jika dirunut sejarahnya bisa sejauh era radio pager digunakan beberapa puluh tahun lalu. Kopi darat merupakan istilah yang dipakai untuk bertemu secara langsung tanpa menggunakan media.

Istilah ini kemudian diadaptasi dalam berbagai konteks, dan memiliki banyak makna. Namun intinya, kopdar adalah istilah yang digunakan untuk mengajak bertemu secara langsung, untuk bertatap muka dan bersosialisasi.

Istilah kopdar sering digunakan komunitas untuk melakukan pertemuan. Baik pertemuan rutin atau pertemuan insidental terkait suatu hal. Biasanya hal ini terencana sehingga semua hal yang terkait bisa dikoordinasikan dengan baik.

Mulai dari lokasi kopdar, siapa saja yang akan datang kopdar, hingga kegiatan dan agenda dari kopdar itu sendiri, semua sudah direncanakan dengan matang sebelum melakukan kopdar.

Ajang Silaturahmi dan Berbagi Informasi

Kopdar sendiri biasanya diagendakan secara rutin, sebagai ajang silaturahmi dari anggota komunitas. Tak sedikit komunitas yang mengadakan kopdar secara rutin,

Ketika bertemu dan beriteraksi, banyak sekali hal yang diperbincangkan. Informasi terbaru akan jadi topik utama, terkait bidang yang diminati dari komunitas tersebut. Pertukaran informasi ini tak jarang membawa anggota komunitas ke agenda berikutnya yang lebih besar.

Selain itu, kopdar juga bisa jadi ajang mempererat tali persaudaraan dari anggota komunitas. Dengan bertemu dan bertatap muka serta berbincang, ikatan persaudaraan akan terbangun sehingga komunitas menjadi lebih solid dan kompak ketika melakukan sesuatu.

Itulah sedikit pemahaman apa itu kopdar yang biasa digunakan di dalam komunitas. Tentu aplikasinya pada dunia nyata bisa saja berbeda dan mengalami pergeseran. 

 

Sumber: Suara.com

Foto:mobilinanews.com