Asian Games 2023: Lifter Indonesia Rahmat Erwin Abdullah Pecahkan Rekor Dunia

Asian Games 2023: Lifter Indonesia Rahmat Erwin Abdullah Pecahkan Rekor Dunia

KABARINDO, - Penampilan lifter Indonesia Rahmat Erwin Abdullah pada cabang angkat besi kelas 73kg putra Asian Games 2023 terbilang sempurna, Selasa (3/10).

Rahmat Erwin keluar sebagai juara dengan meraih medali emas kelas 73kg putra, dengan total angkatan 359kg.

Medali perak diberikan kepada lifter Thailand Weeraphon Wichuma dengan total angkatan 351kg, dan medali perunggu jadi milik lifter Korea Utara Kumthaek Oh dengan total angkatan 344kg.

Erwin dinobatkan sebagai juara dan dipastikan dapat emas ketika sukses dalam angkatan kedua dengan berat 196kg. Ketika itu Rahmat Erwin jadi lifter terakhir setelah Wichuma gagal dengan angkatan kedua clean and jerk dengan berat 195kg.

Percobaan ketiga Wichuma dengan berat 195kg sukses, sehingga total angkatannya hanya 351kg. Sementara saat itu Erwin baru melakukan satu angkatan clean and jerk dengan berat 192kg.

Keberhasilan dalam percobaan kedua dengan berat 196kg membuat total angkatan Rahmat Erwin 354kg, atau 3kg lebih bagus dari Wichuma.

Rahmat Erwin bisa saja melepas angkatan ketiga, namun itu tidak dilakukan. Tidak tanggung-tanggung, Erwin langsung mengajukan angkatan 201kg pada percobaan terakhir.

Percobaan ketiga dengan berat 201kg itu berhasil. Rahmat Erwin tidak saja juara dan meraih emas, namun juga memecahkan sejumlah rekor.

Setelah mengangkat beban clean and jerk dengan berat 201kg, Rahmat Erwin memecahkan tiga rekor sekaligus: rekor dunia, Asian Games, dan rekor Asia pada angkatan clean and jerk kelas 73kg putra.

Sedangkan total angkatan Rahmat Erwin dengan berat 359kg memecahkan rekor Asian Games di kelas 73kg putra.

Satu poin lain yang membuat penampilan Rahmat Erwin Abdullah layak disebut 'sempurna' adalah, lifter 22 tahun tersebut tidak memiliki angkatan gagal dalam laga itu. Rahmat Erwin jadi satu-satunya peserta di kelas 73kg putra yang tidak gagaL dalam angkatan snatch maupun clean and jerk. Foto: Antara