Bangunan “Terindah di Bumi” Resmi Dibuka

Bangunan “Terindah di Bumi” Resmi Dibuka

KABARINDO, DUBAI – Dubai membuka Museum Masa Depan (Museum of the Future -MOF), sebuah bangunan spektakuler terbaru di sana, secara resmi kepada publik pada Selasa (22/2).

Penguasa Dubai, Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, yang juga Wakil Presiden dan  Perdana Menteri Uni Emirat Arab (UEA) mengagumi bangunan elips berongga yang memiliki tujuh lantai itu sebagai bangunan “yang terindah di muka bumi.’

Museum berbentuk elips keperakan itu, yang dihiasi dengan kaligrafi Arab kutipan dari sang Sheikh dan dihiasi dengan ribuan meter lampu LED, berlokasi di Jalan Sheikh Zayed, jalan raya utama kota yang berjarak hanya beberapa menit dari konstruksi tertinggi di dunia, Burj Khalifa.

Artikel terkait: Mengintip Isi Museum Masa Depan Dubai yang Fantastis

Museum ini menjadi tambahan terbaru untuk koleksi arsitektur mencolok UEA. yang akan memamerkan inovasi desain dan teknologi, membawa pengunjung pada "perjalanan ke tahun 2071," kata penyelenggara.

(Foto: Tampak luar Museum of The Future, Dubai -Khallej Times)

Diversifikasi Ekonomi

Ibu kota UEA, Abu Dhabi, juga memiliki museum megah lainnya yang merupakan museum cabang Louvre (Prancis). Lisensi cabang ini diperpanjang satu dekade tahun lalu hingga 2047 dengan biaya $ 186 juta (Rp2,7 triliun).

Diresmikan oleh Presiden Prancis Emmanuel Macron pada akhir 2017, museum Louvre Abu Dhabi itu telah menarik sekitar dua juta pengunjung dalam dua tahun pertama, sebelum kemudian Covid melanda.

(Foto: Museum Louvre Abu Dhabi -Khaleej Times)

UEA yang kaya-raya itu memang telah menunjukkan niatnya untuk mendiversifikasi ekonominya dari minyak ke pusat perdagangan dan pariwisata.

Selain kedua museum yang telah disebutkan, UEA merupakan rumah bagi museum seni kontemporer Jamal Arts Centre; museum sejarah pendiri UEA, Al-Ain Palace; dan museum sejarah kepemimpinan UEA, Museum Etihad

***(Sumber: AFP, Khaleej Times, The National News; Foto-foto: Khaleej Times)