BMKG: Gempa Bumi Berkekuatan 5,4 Magnitudo Guncang Tanggamus Lampung

BMKG: Gempa Bumi Berkekuatan 5,4 Magnitudo Guncang Tanggamus Lampung

KABARINDO, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa bumi berkekuatan 5,4 magnitudo mengguncang wilayah Tanggamus, Lampung pada Senin (8/4/2024) dini hari.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengatakan gempa terjadi pukul 00.46 WIB wilayah Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera, Pesisir Barat, Lampung diguncang gempa tektonik.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,1. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 6,62° LS ; 103,86° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 156 Km arah Barat Daya Tanggamus, Lampung pada kedalaman 33 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan mendatar naik (oblique thrust)," kata Daryono dalam keterangannya, Senin (8/4/2024).

Daryono menambahkan gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Krui dengan skala intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," ujarnya.