BNI Badminton Asia Junior Championships 2024: Hu Zhe An Pertahankan Gelar Juara di Kota Yogyakarta

BNI Badminton Asia Junior Championships 2024: Hu Zhe An Pertahankan Gelar Juara di Kota Yogyakarta

KABARINDO, YOGYAKARTA - Pebulutangkis tunggal putra China Hu Zhe An kembali meraih gelar juara saat tampil pada turnamen bulutangkis BNI Badminton Asia Junior Championships 2024. 

Berlaga di GOR Amongrogo, Yogyakarta, Minggu (7/7/2024), tunggal putra kelahiran 27 Juli 2006 itu kembali naik podium seusai menang atas wakil Korea Selatan Yoon Ho Seong lewat pertarungan rubber game 13-21, 21-14, 21-14.

Pada pertandingan ini, Hu Zhe An bermain dengan tempo lambat di gim pertama. Setelah mengubah gaya bermain dengan lebih agresif, runner up Dutch Junior International 2024 itu bisa bangkit dan memaksa pertandingan dilanjutkan ke gim ketiga.

Pada gim penentuan, permainan tunggal putra ranking satu junior itu sudah nyaman di atas angin dan bisa menguasai jalannya pertandingan selepas interval. Akhirnya Hu mampu mengontrol permainan sampai akhir laga untuk akhirnya menang dalam tempo 1 jam 13 menit atas wakil Negeri Ginseng.

“Pada laga ini lawan bermain sangat baik di awal permainan. Kejar mengejar angka terjadi sepanjang laga dan beruntung saya bisa memegang kendali permainan di pertengahan babak sampai ke akhir laga untuk akhirnya meraih kemenangan,” ungkap Hu Zhe An.

Gelar juara Hu Zhe An membuat dirinya sukses mempertahankan gelar juara turnamen bulutangkis BNI Badminton Asia Junior Championships. Pada edisi 2023 tercatat Hu juga naik podium tertinggi seusai mengalahkan wakil Jepang, Yudai Okimoto lewat pertarungan rubber game 13-21, 21-14, 21-14.

“Pasti senang rasanya tahun lalu saya bisa meraih gelar juara di sini juga. Harapannya tentu semoga ke depannya saya bisa terus berprestasi lebih baik lagi,” ungkap runner up BWF World Junior Championships 2023.

Hu Zhe An berharap raihan gelar juara pada ajang BNI Badminton Asia Junior Championships 2024 bisa membuatnya tampil maksimal pada BWF World Junior Championships 2024. Pada edisi 2023 tercatat Hu Zhe An harus puas menjadi runner up seusai pada partai puncak menyerah dari tunggal putra Indonesia, Alwi Farhan dengan skor 19-21, 21-19, 14-21.

“Semoga setelah bisa mempertahankan gelar juara di BNI Badminton Asia Junior Championships bisa berlanjut di BWF World Junior Championships 2024. Saya ingin fokus dari setiap pertandingan sampai BWF World Junior Championships 2024 mendatang,” ujar Hu Zhe An.

Dengan hasil ini China tercatat telah mengoleksi empat gelar juara pada ajang BNI Badminton Asia Junior Championships 2024. Selain Hu Zhe An, gelar juara wakil Negeri Tirai Bambu lainnya disumbangkan Xu Wen Jing (tunggal putri), Hu Ke Yuan/Lin Xian Yi (ganda putra), dan Chen Fan Shu Tian/Liu Jia Yue (ganda putri).

Xu meraih gelar juara seusai menumbangkan rekan satu negaranya, Yin Yi Qing dua gim langsung dengan skor 21-13, 21-15. Pasangan Hu/Lin meraih kemenangan dengan skor 21-13, 21-11 atas ganda putra Malaysia, Kang Khai Xing/Aaron Tai.

Dari sektor ganda putri, Chen/Liu naik podium tertinggi seusai mengalahkan pasangan Korea Selatan, Kim Min Ji/Yeon Seo Yeon dua gim langsung dengan skor 21-11, 21-15.  Foto: PBSI