Burnley Promosi ke Liga Inggris Musim 2023/2024

Burnley Promosi ke  Liga Inggris Musim 2023/2024

KABARINDO, LONDON - Kllub Burnley jadi klub pertama yang promosi ke Liga Inggris 2023-2024. Kepastian itu didapat usai Burnley sukses meraih kemenangan di pekan ke-40 ajang kasta kedua Liga Inggris atau EFL Championship 2022-2023.

Ya, hasil manis diraih Burnley kala dihadapkan dengan Middlesbrough di Stadion Riverside, Sabtu (8/4/2023) dini hari WIB. Laga itu dimenangkan Burnley dengan skor tipis 2-1.

Burnley memang tampil dengan ciamik di markas Middlesbrough. Mereka bahkan sudah membuka keunggulan di menit ke-12 berkat go Ashley Barnes.

Kemudian, tuan rumah menyamakan kedudukan di menit ke-48 lewat tendangan penalti Chuba Akpom. Namun, Burnley kembali berhasil unggul berkat gol Connor Roberts di menit ke-66. Skor 2-1 ini pun terus dipertahankan hingga akhir laga.

Hasil ini sudah cukup memastikan langkah Burnley untuk promosi ke kompetisi kasta tertingi di Inggris, yakni Premier League, pada musim depan. Sebab, tiga poin tambahan dari markas Middlesbrough membuat mereka makin kukuh bertengger di puncak klasemen sementara EFL Championship musim ini dengan koleksi 87 poin.

Perolehan poin Burnley pun dipastikan takkan bisa dikejar oleh Luton Town yang kini ada di urutan ketiga pada klasemen sementara EFL Championship 2022-2023. Luton kini mengemas 68 poin.

Ajang EFL Championship 2022-2023 sendiri kini hanya tinggal menyisakan enam laga lagi. Dengan begitu, poin maksimal yang bisa didapat Luton hanya 18 poin. Torehan itu takkan cukup mengejar perolehan poin Burnley saat ini.

Meski begitu, Luton Town masih punya kans untuk promosi otomatis ke Liga Inggris musim depan. Hal itu bisa dicapai dengan menggeser posisi Sheffield United di klasemen.

Kini, Sheffield United diketahui sedang bertengger di posisi kedua dengan koleksi 76 poin. Dengan begitu, mereka hanya terpaut 8 poin.

Terlepas dari kondisi itu, pencapaian manis Burnley di EFL Championship musim ini tentunya disambut gembira oleh para penggemarnya. Sebab, mereka bisa kembali bersiang di kasta tertinggi setelah terdegradasi pada muim lalu.

Bukan hanya promosi, Burnley juga berpeluang menyabet gelar juara EFL Championship musim ini. Mereka tentunya akan mengalihkan fokus ke laga tersisa demi menjaga kans juara. Selanjutnya, Burnley akan melawan Sheffield United di Turf Moor pada 11 April 2023 dini hari WIB. Foto: Reuters