Dari 8 Stadion yang Diajukan PSSI, FIFA Pilih 4 Stadion untuk Piala Dunia U-17!

Dari 8 Stadion yang Diajukan PSSI, FIFA Pilih 4 Stadion untuk Piala Dunia U-17!

KABARINDO, JAKARTA - Federasi sepakbola Indonesia, PSSI usulkan 8 stadion untuk Piala Dunia U-17 2023, FIFA hanya pilih empat stadion. Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengklaim bahwa FIFA optimistis empat stadion saja cukup untuk Piala Dunia U-17 2023.

FIFA sudah mampir ke Indonesia untuk menginspeksi empat stadion, yaitu Jakarta International Stadium (JIS), Stadon Si Jalak Harupat, Stadion Manahan, dan Stadion Gelora Bung Tomo. Sebelumnya, PSSI juga mengajukan Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK), Stadionn Jakabaring, Stadion Kapten Wayan Dipta, dan Stadion Pakansari.

Erick Thohir mengklaim bahwa persoalan anggaran membuat opsi stadion dipangkas. Hal itu juga sudah melalui pertimbangan yang matang.

"Kami mengusulkan 8 stadion. Akan tetapi, hasil kesepakatan anggara, kami lihat sepertinya dikerucutkan menjadi empat," kata Erick Thohir di Jakarta, Rabu (3/8/2023).

Erick Thohir mengatakan bahwa FIFA menyambut baik Piala Dunia U-17 digelar empat stadion. Sebab, ajang itu bisa terlaksana di empat stadion.

FIFA yakin dengan 4 stadion ini bisa. Kami juga punya usulan. Akan tetapi, ini harus menjadi sebuah kesepakatan untuk dibawa ke pemerintah dengan waktu yang disepakati," ucapnya.

 Erick Thohir ada stadion yang akan menggelar dua fase grup Piala Dunia U-17 jika hanya memaksimalkan empat stadion. Dua stadion itu berada di Jakarta dan Bandung.

"Makanya ada beberapa kota yang akan menjadi dua grup pertandingan. Tinggal 100 hari lagi, kami tidak mungkin ambil resiko (digelar di luar Pulau Jawa, ditakutkan ada) hal-hal yang menjadi bumerang saat hari pelaksanaan tidak siap," ucapnya. Foto: Orie Buchori/Kabarindo.com