Dengan Topik Suporter, Menpora Buka FGD Perumusan Implementasi UU No. 11 2022 tentang Keolahragaan

Dengan Topik Suporter, Menpora Buka FGD Perumusan Implementasi UU No. 11 2022 tentang Keolahragaan

KABARINDO, JAKARTA - Bertempat di Le Meridien Hotel, Sudirman, Jakarta, Jumat (14/10/2022), Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali membuka acara FGD Perumusan Implementasi UU No.11 tahun 2022 tentang Keolahragaan dengan topik Supporter.

Hadir pada kesempatan ini 4 kelompok perwakilan suporter yaitu Aremania, Bebotoh, Bonek dan The Jack.

Dalam sambutannya, Menpota mengatakan bahwa UU tentang suporter ini harus segera diimplementasikan oleh klub dan kelompok suporter.

"Mudah-mudahan kita berusaha secepat mungkin, Polri juga sedang merumuskan aturan SOP tentang pengamanan yang mengadopsi aturan FIFA, aturan PSSI dan internal Polri sendiri. Supaya menjadi pegangan yang seragam seluruh Indonesia," papar Menpora.

Mempora Zainudin Amali berharap  suporter Tanah Air ikut mengimplementasikan UU Keolahragaan 2022 yang mengatur tentang hak dan kewajiban suporter sepak bola.

Suporter juga,   membantu memberikan masukan. Agar dalam diskusi ini benar-benar dimanfaatkan dengan baik.

Menpora Amali mengatakan suporter telah diatur dalam UU Keolahragaan No.11 tahun 2022 yang memiliki hak dan kewajibannya.

"Terkait hak dan kewajiban suporter ini sedang dirumuskan dan akan disosialisasikan. Kita akan meminta komitmen mereka semua agar menonton sepakbola itu nyaman, aman dan tenang," ujar Menpora.

Menurut Menpora, FIFA sudah mengirimkan surat dan ada lima poin yang harus diperhatikan.

Pertama, tentang stadion agar dapat standar sesuai arahan FIFA, kemudian SOP penanganan pengamanan, keterlibatan pihak-pihak terkait, termasuk suporter, klub, dan lainnya, kemudian tentang jadwal pertandingan, dan benchmark negara lain yang sudah bagus dalam pengelolaan sepak bola.

"Saya juga kembali berharap dari rekomendasi FIFA itu kita lakukan perbaikan-perbaikan serius dan kompetisinya bisa jalan lagi. Jadi, paralel dengan apa yang sudah dikerjakan Menteri PUPR, Kepolisian, dan apa yang kita kerjakan bersama-sama," kata Menpora.

Sebelumnya, Menpora Amali menyampaikan arahan Presiden kepadanya untuk mengevaluasi total sepakbola tanah air menyusul terjadinya tragedi Kanjuruhan.

"Arahan Presiden, sepak bola kita semua dilakukan evaluasi secara total, minggu lalu saya sudah bertemu dengan PSSI, klub-klub, pimpinan suporter (Arema, Persebaya, Persija, Persib) semua sepakat ini tidak boleh terulang lagi," pungkas Menpora.Foto: Orie Buchori / KABARINDO