Dibilang Mirip, Begini Detail Seragam Baru Satpam Indonesia dan Sejarah Seragam Polisi India

Dibilang Mirip, Begini Detail Seragam Baru Satpam Indonesia dan Sejarah Seragam Polisi India

KABARINDO, JAKARTA - Dalam upacara Peringatan HUT ke-41 Satuan Pengamanan (Satpam), Polri secara resmi mengumumkan wajah baru seragam satpam. Acara tersebut digelar di Lapangan Bhayangkara, Mabes Polri, Jakarta pada Rabu (2/2/2022).

Dalam acara tersebut, ratusan satpam pun hadir dengan mengenakan seragam barunya. Perilisan seragam baru satpam ini pun tak lepas dari komentar warganet melalui media sosial. Banyak yang menilai warna seragam baru satpam ini mirip dengan seragam dinas kepolisian India.

Bahkan di Twitter, “Polisi India” bertengger di trending topic.

Seragam baru satpam

Berdasarkan pantauan Kompas.com dari Instagram resmi @divhumaspolri seragam baru satpam memiliki warna krem dan berlengan pendek.

Pada lengan sebelah kanan, terdapat lambang kepolisian di masing-masing wilayah satpam bertugas. Contohnya, jika satpam bertugas di DKI Jakarta, maka pada lengan kanan seragam tersebut tertera lambang Polda Metro Jaya.

Hal ini berlaku untuk wilayah lain, karena memiliki lambang yang berbeda-beda. Pada sisi kiri lengan seragam terdapat lambang masing-masing perusahaan tempat satpam tersebut bertugas.

Selain itu, di dada bagian kiri terdapat lambang yang disertai emblem yang bertuliskan “Satpam” lengkap dengan nama anggota satpam dan nomor induknya.

Perubahan warna seragam satpam ini ternyata tidak disertai dengan perubahan warna celana. Warna celana satpam tetap berwarna cokelat tua.

Awalnya seragam satpam ini berupa setelan putih-biru tua. Tahun lalu, seragam satpam berganti menjadi cokelat muda-cokelat tua. Namun seragam tersebut banyak dihujat netizen karena mirip dengan seragam anggota kepolisian.

Pihak kepolisian pun mengakui jika sering terjadi kebingungan di masyarakat dalam membedakan satpam dengan polisi. Hingga akhirnya diputuskan untuk mengganti kembali warna seragam satpam.

Seragam kepolisian India

Seragam kepolisian India berupa atasan berwarna khaki. Warna khaki ini memang mirip seperti warna krem yang juga menyerupai cokelat muda. Untuk bawahannya, seragam polisi India umumnya berwarna khaki senada atau cokelat tua.

Dilansir darri media India, indiashorts.com, warna khaki sebagai seragam kepolisian India ini memiliki sejarah yang panjang. Ketika India berada di bawah kekuasaan Inggris, pemerintah Inggris memperkenalkan petugas polisi untuk menjaga perdamaian dan mengendalikan gerakan sipil.

Saat itu warna seragam polisi adalah putih karena melekat dengan warna bangsawan orang Inggris. Namun, warna putih dianggap mudah kotor, sedangkan Inggris sangat peduli terhadap kebersihan. Sejak saat itulah, banyak petugas polisi mewarnai seragam mereka agar tidak kotor. Hal ini menyebabkan seragam menjadi warna-warni hingga sulit untuk dikenali.

Kemudian, pada tahun 1846 seorang agen gubernur perbatasan barat laut bernama Sir Henry Lawrence mengangkat ‘Korps Pasukan Pemandu’ di Lahore. Para perwiranya memiliki masalah pada seragam warna putih yang sama. Henry pun melihat seorang perwira mengenakan seragam yang diwarnai khaki. Ia menilai warna itu gelap tapi tidak terlali gelap dan bisa menutupi kotor pada seragam. Tahun 1847 dengan berbagai pertimbangan, Sir Henry Lawrence pun menyatakan warna khaki digunakan sebagai warna resmi untuk seragam Kepolisian India.

Sumber: Kompas.com

Foto: Tribunnews/Igman Ibrahim, Kompas.com/Kristianto Purnomo