Diduga Suap Wasit, Barcelona Terancam Degradasi dari La Liga!

Diduga Suap Wasit, Barcelona Terancam Degradasi dari La Liga!

KABARINDO, BARCELONA - Klub papan atas liga Spanyol, Barcelona terancam didegradasi kasta teratas Liga Spanyol, La Liga, jika terbukti melakukan pelanggaran. Menurut laporan Sportbible, pelanggaran yang dimaksud di sini adalah, Barcelona diduga melakukan suap kepada Wakil Presiden Komite Teknis Wasit, Jose Maria Enriquez Negreira.

Barcelona dituduh memberikan uang kepada perusahaan Jose Maria Enriquez Negreira yang bernama DASNIL 95 SL sebanyak tiga kali, yakni pada 2016, 2017 dan 2018. Total dalam tiga tahun tersebut, Barcelona memberikan dana 1.392.680 euro atau setara Rp22,65 miliar.

Lantas, apa tujuan Barcelona memberikan uang kepada Jose Maria Enriquez? Masih menurut sumber yang sama, hal itu dilakukan Barcelona supaya wasit berlaku netral, alias tidak berat sebelah saat memimpin laga-laga Barcelona di Liga Spanyol.

Komite Tekinis Wasit sendiri memiliki beberapa tugas. Sebut saja menugaskan wasit, menilai kinerja wasit dan membimbing cara kerja wasit.

Namun, Jose Maria Enriquez Negreira yang sudah menjalani pemeriksaan di kejaksaan, membantah telah mengistimewakan Barcelona. Jose Maria Enriquez Negreira tidak mengelak menerima uang Barcelona, namun bukan untuk membantu Barcelona dalam hal pemiihan wasit.

Dalam pengakuan Jose Maria Enriquez Negreira, Barcelona menggunakan jasanya untuk memberikan masukan, tatkala para pemain Barcelona mendapatkan perlakuan berbeda dari para wasit. Berdasarkan Jose Maria Enriquez Negreira, ia bertindak sebagai konsultan wasit untuk Barcelona.

Sayangnya, Jose Maria Enriquez Negreira gagal memberikan bukti atau dokumentasi, di mana ketika dirinya memberikan layanan konsultasi kepada Barcelona. Menurut laporan Sportbible, jika dinyatakan bersalah, ada dua jenis hukuman yang diterima Barcelona.

Pertama, Barcelona bisa didepak dari La Liga, atau pengurangan poin. Tentunya, kabar ini sangat disayangkan,

Sebab, Barcelona sedang kuat-kuatnya di Liga Spanyol 2022-2023. Hingga pekan ke-21 Liga Spanyol 2022-2023, Barcelona duduk di puncak klasemen dengan 56 angka, unggul delapan poin dari Real Madrid di tempat kedua.

Foto: Reuters