Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta Pastikan Persediaan Minyak Goreng Cukup

Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta Pastikan Persediaan Minyak Goreng Cukup

KABARINDO, YOGYAKARTADinas Perdagangan Kota Yogyakarta menyebutkan persediaan minyak goreng di pasar tradisional maupun ritel dalam jumlah yang cukup.

Dinas Perdagangan melakukan pemantauan tersebut menjelang penyesuaian harga minyak goreng pada 1 Februari mendatang,

“Persediaan dalam jumlah cukup. Dari pemantauan memang ada beberapa ritel yang hari ini kosong tetapi besok (Selasa) dipastikan sudah ada stok yang dijual,” kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta Yunianto Dwi Sutono di Yogyakarta, Senin (31/1/2022).

Yunianto memastikan bahwa seluruh pedangang di Kota Yogyakarta akan menjual minyak goreng sesuai dengan harga yang sudah ditetapkan pemerintah.

Harga Minyak Goreng

Adapun harga minyak goreng yang ditetapkan oleh Kementerian Perdagangan adalah Rp11.500 per liter untuk curah, kemasan sederhana seharga Rp13.500 per liter, dan kemasan premium Rp14.000 per liter.

“Kami juga memantau jika sudah ada ritel yang menjual minyak goreng subsidi pemerintah dengan ukuran 500 mililiter kemasan botol yang dijual Rp7.000,” katanya.

BACA JUGA: 

Peluang Suzuki di MotoGP 2022, Joan Mir Tak Percaya Diri

 

Pada saat harga terbaru berlaku, toko ritel akan menerapkan pembatasan pembelian supaya tidak disalahgunakan.

Yunianto pun berharap agar masyarakat tidak melakukan panic buying sampai berebut ketika membeli minyak goreng.

Pasalnya, pemerintah menjamin persediaan minyak goreng cukup.

“Pelaku UMKM bisa memanfaatkan penurunan harga minyak goreng, khususnya minyak goreng curah sehingga persediaan minyak goreng kemasan di ritel dapat dimanfaatkan oleh konsumen rumah tangga. Stok pun akan semakin terkendali," katanya.

Lebih lanjut, Yunianto memastikan bahwa pihaknya akan melakukan operasi secara rutin untuk memastikan harga minyak goreng di Yogyakarta sesuai dengan yang ditetapkan pemerintah.

Sumber Berita: Antara

Foto: Antara