Direktur Teknik Indra Sjafri: Cho Byung-kuk Jadi Asisten Pelatih Shin Tae-yong

Direktur Teknik Indra Sjafri: Cho Byung-kuk Jadi Asisten Pelatih Shin Tae-yong

KABARINDO, JAKARTA – Direktur Teknik Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Indra Sjafri, mengonfirmasi Cho Byung-kuk telah menjadi asisten pelatih baru Shin Tae-yong. Kini, Cho Byung-kuk pun sudah bergabung bersama Timnas Indonesia U-20 untuk menjalani pemusatan latihan (TC) di Turki.

Shin Tae-yong memang tengah mencari sosok asisten pelatih baru setelah ditinggal pergi oleh Dzenan Radoncic. Radoncic memutuskan mundur pada awal Oktober 2022 dengan alasan ingin merawat ibunda yang sedang sakit di kampung halamannya, Montenegro.

Kini, Shin Tae-yong pun sudah menemukan asisten pelatih baru. Ia adalah Cho Byung-kuk yang menjadi sosok pengganti Radoncic.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh Indra Sjafri. Eks pelatih Bali United itu mengatakan kalau Cho Byung-kuk saat ini juga telah tiba di Turki untuk bergabung bersama skuad Timnas Indonesia U-20 yang tengah jalani TC.

“Sudah (dapat asisten pelatih baru), Cho Byung-kuk. Sudah bersama Timnas Indonesia di Turki,” kata Indra ketika dihubungi MNC Portal Indonesia, Jumat (21/10/2022).

Cho Byung-kuk memiliki pengalaman melatih dengan menangani tim junior, di Australia. South Coast Flame FC U-13 menjadi tempatnya berkarier sebelum hijrah ke Timnas Indonesia. Itu merupakan klub asal Illawarra, New South Wales, Australia.

Dirinya juga merupakan mantan pemain sepakbola. Adapun klub yang pernah dibela olehnya, yaitu Suwon Samsung Bluewings, Seongnam Ilhwa Chunma, Jubilo Iwata, hingga Shanghai Shenhua. Tentu saja, dengan pengalamannya, Cho Byung-kuk diharapkan dapat memberi dampak positif bagi Timnas Indonesia.

Sekadar diketahui, Timnas Indonesia U-20 tengah menjalani pemusatan latihan di Turki sejak 16 Oktober 2022. Pemusatan latihan tersebut digelar sebagai bagian dari persiapan skuad Garuda Nusantara menatap Piala Asia U-20 2023.

Selain Turki, Garuda Nusantara juga akan melanjutkan pemusatan latihan di Spanyol. Pemusatan latihan di Negeri Matador itu dijadwalkan berlangsung sampai 4 Desember 2022. Foto: Seongnam