Diserang AS, Pemimpin ISIS Ledakkan Diri dan Keluarga

Diserang AS, Pemimpin ISIS Ledakkan Diri dan Keluarga

KABARINDO, ATMEH – Pemimpin kelompok ISIS/DAESH meledakkan dirinya bersama anggota keluarganya saat pasukan Amerika Serikat menggerebek tempat persembunyiannya di Suriah pada hari Kamis (4/2), menurut hasil investigasi kantor berita Associated Press (AP).

Presiden Joe Biden mengumumkan serangan satu malam oleh pasukan operasi khusus Amerika, yang oleh pejabat AS disebut sebagai "pukulan signifikan" terhadap organisasi militan radikal. Serangan AS itu adalah yang kedua kalinya dalam tiga tahun terakhir dalam upaya menyingkirkan pemimpin kelompok kekerasan itu.

Kelompok ISIS pada puncak kekuasaannya menguasai lebih dari 40.000 mil persegi membentang dari Suriah ke Irak, dan memerintah lebih dari 8 juta orang. Serangannya di wilayah itu termasuk serangan besar bulan lalu untuk merebut sebuah penjara di timur laut Suriah yang menampung setidaknya 3.000 tahanan ISIS.

Artikel terkait: ISIS/DAESH Bangkit Kembali di Irak dan Suriah

Serangan itu menargetkan Abu Ibrahim al-Hashimi al-Qurayshi, yang mengambil alih kepemimpinan ISIS/DAESH pada 31 Oktober 2019, hanya beberapa hari setelah pemimpin Abu Bakr al-Baghdadi tewas dalam serangan AS. 

Al-Qurayshi, tidak seterkenal pendahulunya, adalah seorang pria tertutup yang memimpin versi kelompok yang jauh lebih kecil dan tidak muncul di depan umum.

Tewas Seperti al-Baghdadi

Biden mengatakan al-Qurayshi tewas dalam kondisi seperti al-Baghdadi, dengan meledakkan bom yang membunuh dirinya sendiri dan anggota keluarganya, termasuk wanita dan anak-anak, saat pasukan AS mendekat.

“Berkat keberanian pasukan kami, pemimpin teroris yang mengerikan ini tidak ada lagi,” kata Biden di Gedung Putih. Dia mengatakan al-Qurayshi bertanggung jawab atas serangan penjara, serta genosida terhadap orang-orang Yazidi di Irak pada tahun 2014.

Sekitar 50 pasukan operasi khusus AS mendarat dengan helikopter dan menyerang sebuah rumah di sudut Suriah yang dikuasai pemberontak, bentrok selama dua jam dengan orang-orang bersenjata, kata saksi mata. 

Penduduk menggambarkan tembakan dan ledakan terus menerus yang mengguncang kota Atmeh di dekat perbatasan Turki, sebuah daerah yang dipenuhi dengan kamp-kamp untuk pengungsi internal dari perang saudara Suriah.

Pasukan itu tidak melakukan serangan udara di rumah al-Qurayshi karena Presiden Biden memerintahkan pasukan AS untuk "mengambil setiap tindakan pencegahan yang tersedia untuk meminimalkan korban sipil."

(Foto: Presiden Joe Biden dan Wakil Presiden Kamala Harris dan anggota tim keamanan nasional Presiden mengamati operasi militer di Gedung Putih. -AP)

Kondisi Pasca Serangan

Responden pertama melaporkan bahwa 13 orang telah tewas, termasuk enam anak-anak dan empat wanita.

Sekretaris pers Pentagon John Kirby mengatakan pasukan AS berhasil mengevakuasi 10 orang dari gedung itu: seorang pria, seorang wanita dan empat anak dari lantai pertama dan empat anak dari lantai dua. Pasukan AS mengambil sidik jari dan DNA, yang mengkonfirmasi kematian al-Qurayshi, katanya.

Rumah itu, dikelilingi oleh pohon zaitun di ladang di luar Atmeh, dibiarkan dengan lantai atas yang hancur dan darah berceceran di dalamnya. Seorang jurnalis yang sedang bertugas untuk The Associated Press, dan beberapa warga, mengatakan mereka melihat bagian tubuh berserakan di dekat lokasi. Sebagian besar penduduk berbicara dengan syarat anonim karena takut akan pembalasan.

(Foto: Kondisi di dalam rumah pasca serangan -AP)

Lantai atas rumah rendah itu hampir hancur, membuat batu bata putih berjatuhan ke tanah di bawah.

Kamar tidur yang rusak memiliki tempat tidur kayu anak dan boneka kelinci. Di salah satu dinding yang rusak, ayunan bayi plastik biru masih tergantung. Buku-buku agama, termasuk biografi Nabi Muhammad, ada di rumah.

Lantai dua rumah itu ditempati oleh pemimpin ISIS berpangkat rendah dan keluarganya, tetapi lantai pertama berisi warga sipil yang tidak terkait dengan kelompok teroris dan tidak mengetahui kehadiran al-Qurayshi, menurut pejabat AS, yang menggambarkan mereka tidak sadar perisai manusia.

Pemerintah Amerika Serikat merasa optimis peristiwa serangan itu dapat meruntuhkan kelompok teroris tersebut.

“Mereka tidak memiliki pemimpin hari ini, dan itu merupakan pukulan yang signifikan,” kata Kirby. “Ini bukan sesuatu yang kami yakini akan dapat diatasi oleh ISIS dengan sangat cepat atau sangat mudah.”

***(Sumber dan foto: AP)