DMI Pusat Keluarkan Imbauan Sambut Ramadan, Jusuf Kalla: Mari Kita Lakukan Introspeksi dalam Kehidupan

DMI Pusat Keluarkan Imbauan Sambut Ramadan, Jusuf Kalla: Mari Kita Lakukan Introspeksi dalam Kehidupan

KABARINDO, JAKARTA - Pengurus Pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI) mengeluarkan imbauan dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadan 1445 H/2024 M. Imbauan tersebut disampaikan Ketua Umum DMI, Jusuf Kalla (JK) di Makassar, Minggu, 10 Maret 2024.

Imbauan awal, JK mengutip dalil tentang perintah pelaksanaan puasa di surat Al-Baqarah ayat 183. Menurut JK, puasa merupakan ibadah puasa yang sejak dahulu telah diperintahkan bagi orang-orang yang beriman, kecuali yang berhalangan. Puasa, bagi JK memang amal ibadah yang penting bagi kaum muslimin.

“Puasa itu sejak dahulu sudah diperintahkan. Ramadan itu adlah cobaan, juga pelatihan sekaligus ibadah yang penting untuk kita semua,” kata JK kepada wartawan.

Oleha karena itu, JK mengajak seluruh umat Islam di Indonesia untuk menyiapkan waktu untuk melakukan introspeksi diri dalam menyambut Ramadan tahun ini sekaligus apa yang akan dilakukan pasca ramadan. “Mari kita introspeksi dalam kehidupan ini. Introspeksi terhadap apa yang telah kita lakukan dan introspeksi terhadap apa yang akan kita lakukan pada tahun-tahun mendatang,” tambah JK.

Ia juga menyinggung tentang persoalan islam yang menghadapi tantangan dan masalah yang berbeda-beda. Seperti persoalan yang dihadapi umat Islam di Timur Tengah serta umat Islam di belahan dunia lainnya. Namun JK bersyukur di Indonesia relatif menghadapi tantangan yang tidak begitu berat.

“Kita bersyukur dengan kegiatan-kegiatan keagamaan di Indonesia, jumlah mesijid yang luar biasa bertambah sehingga membutuhkan suatu upaya bersama dalam meningkatkan amal ibadah, muamalah, tarbiyah dan semua dakwa selama Ramadan itu berlangsung,” papar Wakil Presiden RI ke 10 dan 12 tersebut.

Lebih jauh JK berharap, pelaksanaan Ramadan tahun ini berlangsung dengan baik, tenang dan memberikan rahmat untuk semua. “Semoga kita semua diberikan limpahan rahmat dan hidayah memasuki hingga selesai bulan Ramadan,” tutup JK.