Dr. H. Syafruddin Gelar Doa Bersama dan Pengajian di Makkah Al-Mukarromah

Dr. H. Syafruddin Gelar Doa Bersama dan Pengajian di Makkah Al-Mukarromah

KABARINDO, MAKKAH - Irjen Pol (Purn) Dr. H.  Syafruddin menggelar ngaji, doa bersama dan pengajian di Makkah Al-Mukarromah, 22/12.

Acara diawali dengan sambutan keluarga oleh Ardilla Amri, membaca surat Yasin yang dipimpin oleh Syaikh Issam Mizjani, tahlil oleh KH. Luqman Hakim serta tausiah oleh KH. Anang Rikza dan KH. Amirsyah Tambunan, dan doa oleh Prof. Dr. Mustafa Dasuki dilanjutkan KH. Kafabihi Machrus Ali

 

Doa bersama dimaksudkan secara khusus untuk mendoakan atas wafatnya Ibunda Hj. Luluiyah binti H. Muh Kasih dan  H. Kambo bin H. Umar serta para almarhumin lainnya.

 

Hadir dalam doa bersama antara lain; Duta Besar RI untuk Paris Muh Oemar, Perwakilan Tetap RI di Unesco,  Prof. Ismunandar, Kepala Korsahli Kapolri Irjen Pol Risyapudin, Sekjen MUI,  KH. Amirsyah Tambunan, Prof. Dr. Sangidu, Prof. Dr. Mustafa Dasuki, Atase Kepolisian KBRI Riyadh, Pejabat Fungsi Pensosbud,  Ilham dan Atase Imigrasi KJRI Jeddah , Zaeni serta dan keluarga besar Haji Syafruddin.

Hadir pula para Pengasuh dan para Ketua Asosiasi Pondok Pesantren yang sedang berada di Saudi Arabia dalam rangka kerjasama dengan Universitas Ummul Quro dan Universitas Islam Madinah serta Liga Muslim Dunia; KH. Anang Rikza Masyhadi, MA., Ph.D. (Pimpinan Pondok Modern Tazakka, Batang dan Sekjen Forum Pesantren Alumni Gontor), K.H. Kafabih Aly Machrus (Pengasuh PP Lirboyo, Kediri Jawa Timur), Dr. KH. Zulkifli Muhadli, MM. (Pengasuh PP Al-Ikhlas, Taliwang NTB., Dr. KH. M. Tata Taufik, M.A (Pengasuh PP Al-Ikhlas, Kuningan Jawa Barat dan Presiden Pengasuh Pondok Pesantren se-Indonesia),  KH. Luqman Al-Hakim Dimyati (Pengasuh PP Termas, Pacitan Jawa Timur dan Sekjen Forum Komunikasi Pesantren Muadalah FKPM), KH. Daden Abdullah  Muhammad Syakur (PP Al-Masturuyah Cisaat, Sukabumi, Jabar dan Sekjen Aspendif Asosiasi Pesantren Diniyah Formal), Dr. K.H. Abdul Hafidz Zaid, M.A (Wakil Rektor Universitas Darussalam Gontor, Ponorogo Jawa Timur), Dr. KH. Sofwan Manaf (Pengasuh PP Darunnajah, Jakarta), Drs. KH. Anang Azhari, MM. (Pengasuh PP Al-Mizan, Banten dan Ketua Forum Silaturahim Pondok Pesantren se-Banten), Dr. K.H. Masykuri, M.Ed (Ketua Lembaga Pengembangan Pondok Pesantren, PP Muhammadiyah), K.H. Akomadhien Shofa (Pengasuh PP Al-Hikmah 1, Brebes Jawa Tengah dan Ketum Forum Silaturahim Kiai-kiai Muda (FSKM) se-Jateng), Drs. KH. Noor Syahid, M.Pd (Ketum PP IKPM Gontor).

 

Menurut Dr. H. Syafruddin, bahwa pertemuan ini sangat istimewa, terjadi di Makkah pada hari Kamis sore dan dihadiri oleh para alim ulama.

 

Dr. H. Syafruddin sangat mengapresiasi kehadiran para ulama Pengasuh Pondok Pesantren ditengah kesibukannya dalam rangka kerjasama dengan perguruan tinggi di Saudi. Menurutnya pondok pesantren ke depan harus mempunyai kerjasama-kerjasama pendidikan dengan semua perguruan tinggi baik di dalan dan luar negeri.

 

Dr. H. Syafruddin menaruh perhatian besar dan memberikan dukungan penuh terhadap proses dan langkah-langkah kongkrit pada kaderisasi serta percepatan SDM umat Islam.

 

Para hadirin melanjutkan kegiatannya dengan sholat isya bersama di masjidil haram.

 

Gus Luqman Hakim merasa sangat bahagia dapat menghadiri acara doa bersama, terlebih dapat ikut serta sholat di dalam masjidil haram dengan fasilitas khusus dikarenakan bersama Bapak Syafruddin yang mendapatkan pelayanan spesial dari Liga Muslim Dunia dan Kepala Masjidil Haram Syaikh Dr. Abdurrahman As-Sudais. Foto: Ist