Dukung Ajang MotoGP Mandalika, Kemenhub Siapkan Siasat Penerbangan

Dukung Ajang MotoGP Mandalika, Kemenhub Siapkan Siasat Penerbangan

KABARINDO, JAKARTA - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan sejumlah bandara internasional untuk mendukung MotoGP Mandalika.

Bandara tersebut antara lain, Bandara Internasional Lombok di NTB, Bandara Ngurah Rai di Bali, dan Bandara Soekarno-Hatta di Jakarta.

Hal ini sebagai upaya pemerintah untuk mendukung penyelenggaraan MotoGP 2022, di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Bandar Udara Lombok Baru, di mana fasilitasnya sudah beberapa kali sudah digunakan untuk WSBK bisa melayani (Boeing) 777 tanpa ada pembatasan jarak ataupun muatan. Runway-nya cukup mumpuni untuk melayani 777 tersebut dan bisa menampung 18 pergerakan per jam,” kata Direktur Jenderal Hubungan Udara Kemenhub, Novie Riyanto dalam konferensi pers, Rabu (16/1).

Bandara Ngurah Rai Bali akan digunakan untuk mendukung layanan penerbangan MotoGP di Mandalika.

Sedangkan, Bandara Lombok itu sendiri diklaim bisa menampung hingga tujuh juta orang dalam satu tahunnya. Selain itu, bandara Lombok bisa menampung 35 ton kargo per harinya.

“Kapasitasnya juga besar di mana ada 32 pergerakan pesawat per jam dan dapat menampung apabila kapasitas di Lombok baru melebihi kemampuannya dan bisa di parkir di apron Bali,” ujarnya.

Novie menerangkan tentunya pihaknya juga menyiapkan Bandara Soekarno Hatta untuk menampung penerbangan internasional. Khususnya bagi penonton MotoGP di Mandalika.

Penonton MotoGP 2022 diperkirakan akan berasal dari berbagai negara, seperti Singapura, Thailand, Hong Kong, Jepang, Australia, Qatar, Uni Emirat Arab, Belanda, hingga Inggris.

“Jadi memang untuk Soekarno-Hatta disiapkan karena ada penerbangan yang diindikasikan datang dari penonton internasionalnya. Sementara, khusus untuk sekitar 1.700 kru dan official yang akan hadir nanti penerbangannya akan langsung ke Lombok,” jelasnya.

Sumber: CNNIndonesia.com

Foto: WSBK, MotoGP