Fabio Quartararo PiIih Bartahan Bersama Monster Energy Yamaha

Fabio Quartararo PiIih Bartahan Bersama Monster Energy Yamaha

KABARINDO, Pembalap (Rider) FABIO Quartararo memilih memperpanjang kontrak dengan tim lamanya Monster Energy Yamaha. Kontrak itu membuat rider asal Prancis terikat bersama Yamaha hingga akhir MotoGP 2024.

Beredar kabar El Diablo –julukan Fabio Quartararo awalnya bakal membelot ke Repsol Honda untuk mengarungi MotoGP 2023. Setelah menjadi kampiun MotoGP 2021 dan berpeluang mempertahankan gelar musim ini, Fabio Quartararo disebut-sebut bakal mencari tantangan baru dengan hengkang ke Repsol Honda.

 

Namun, Fabio Quartararo memilih bertahan di Yamaha hingga MotoGP 2024. Lantas, bagaimana dengan Repsol Honda? Untuk MotoGP 2023, Repsol Honda baru mempunyai satu pembalap utama yakni Marc Marquez yang terikat kontrak hingga akhir MotoGP 2024.

Sementara itu, tandem Marc Marquez saat ini, Pol Espargaro, dikabarkan tak mendapat perpanjangan kontrak dari manajemen. Menjadi masalah karena Marc Marquez pun belum tentu tampil di MotoGP 2023.

Akibat mengalami kecelakaan fatal di Kualifikasi MotoGP Italia 2022, Marc Marquez harus menjalani operasi humerus untuk yang keempat kalinya. Cedera ini membuat Marc Marquez diperkirakan absen hingga MotoGP 2022 berakhir.

Karena itu, belum ada jaminan Marc Marquez bakal tampil di MotoGP 2023, yang otomatis melanjutkan kisah sedih Repsol Honda di MotoGP yang berlangsung sejak 2020. Semenjak Marc Marquez mengalami serangkaian cedera pada 2020, perfoma Repsol Honda di MotoGP ikut terpengaruh.

Hingga delapan race musim ini, Pol Espargaro masih tertahan di posisi 12. Bahkan ia kalah dari Marc Marquez yang menempati posisi sembilan klasemen sementara MotoGP 2022. Padahal, Marc Marquez sempat absen di dua balapan musim ini karena masalah penglihatan.

Sekarang yang jadi pertanyaan, bukannya Repsol Honda bisa menunjuk pembalap jempolan seperti Joan Mir atau Alex Rins untuk mendongrak performa mereka musim depan? Tak ada jaminan Joan Mir dan Alex Rins langsung yang meninggalkan Suzuki Ecstar akhir musim ini, langsung bersinar bersama Repsol Honda.

Penyebabnya karena motor RC213V dikembangkan atas gaya balap Marc Marquez. Karena itulah, siapa pun tandem Marc Marquez di Repsol Honda, tak pernah ada yang bisa menaklukkan RC213V, termasuk juara dunia tiga kali kelas MotoGP, Jorge Lorenzo, pada 2019. Jadi, akankah Repsol Honda kembali merana pada MotoGP 2023?