FIFA Matchday 2023: Timnas Indonesia Menyerah 0-2 dari Timnas Argentina!

FIFA Matchday 2023: Timnas Indonesia Menyerah 0-2 dari Timnas Argentina!

KABARINDO, JAKARTA - Laga sejarah di Bumi Nisantara, yang menampilkan lTim Nasional (Timnas)  Indonesia menjamu predikat Juara Dunia Timnas  Argentina di FIFA Matchday Juni 2023 yang akhirnya  Skuad Garuda -julukan Timnas Indonesia- takluk dengan skor 0-2.

Laga tersebut berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, pada Senin (19/6/2023) pukul 19.30 WIB. Adapun dua gol kemenangan La Albiceleste -julukan Argentina- dicetak Leandro Paredes (38’) dan Cristian Romero (56’).

Argentina langsung memegang jalannya pertandingan dan mencoba mencari celah di lini belakang Timnas Indonesia. Kendati demikian, Jordi Amat dan kolega mampu mematahkan serangan yang dibangun Argentina.

Pada menit ke-17, Argentina mendapat peluang emas lewat sepakan keras Nicolas Gonzalez dari dalam kotak penalti. Akan tetapi, bola mampu diamankan dengan sangat baik oleh kiper Timnas Indonesia, Ernando Ari.

Timnas Indonesia baru mendapatkan peluang lewat sepak pojok pada menit ke-35. Namun, umpan yang dilepaskan Marc Klok masih belum menemui sasaran.

Upaya Argentina untuk mencetak gol akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-38 via Leandro Paredes. Paredes melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti yang tidak mampu diamankan Ernando Ari. Skor sementara 1-0 untuk keunggulan Argentina.

Menjelang berakhirnya babak pertama Timnas Indonesia mendapat peluang untuk menyamakan kedudukan. Sayang, tembakkan Ivar Jenner masih terlalu pelan dan berhasil diamankan dengan mudah oleh Emiliano Martinez. Alhasil, skor 1-0 untuk keunggulan La Albiceleste tidak berubah.

Pada babak kedua Timnas Indonesia mencoba untuk mendominasi jalannya pertandingan di awal babak kedua. Marc Klok dan kolega melancarkan sejumlah serangan namun masih belum mampu memecahkan kebuntuan.

Pada menit ke-52, Timnas Indonesia hampir menyamakan kedudukan lewat sundulan Elkan Baggott setelah memaksimalkan umpan lemparan ke dalam Pratama Arhan. Namun, Emiliano Martinez sukses menghalau bola dengan sangat baik.

Argentina tidak tinggal diam, pada menit ke-56 mereka sukses memperlebar keunggulan. Melalui skema sepak pojok, Cristian Romero melesakkan bola dengan sundulan ke gawang Ernando Ari. Skor sementara 2-0 untuk keunggulan Argentina.

Timnas Indonesia kembali mendapat peluang pada menit ke-78. Sayangnya, Dendy Sulistyawan gagal memaksimalkan umpan terobosan setelah sepakannya dari luar kotak penalti tidak menemui sasaran.

Hingga akhir pertandingan, Timnas Indonesia terus berusaha keras untuk memperkecil ketertinggalan. Sayangnya, tidak ada gol tercipta sehingga Skuad Garuda harus puas dikalahkan dengan skor 0-2 oleh La Albiceleste.

Berikut Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Argentina

Timnas Indonesia (3-5-2): Ernando Ari; Elkan Baggott, Jordi Amat, Rizky Ridho; Asnawi Mangkualam Shayne Pattynama, Ivar Jenner, Marc Klok, Marselino Ferdinan; Dimas Drajad, Rafael Struick.

Pelatih: Shin Tae-yong

Timnas Argentina (4-3-3): Emiliano Martinez; Cristian Romero, Facundo Axel Medina, German Pezzella, Nahuel Molina; Leandro Paredes, Exequiel Palacios, Giovani Lo Celso; Facundo Valentin Buonanotte; Julian Alvarez, Nicolas Gonzalez.

Pelatih: Lionel Scaloni