Final Piala Presiden 2024: Arema FC Juara Piala Presiden 2024 Usai Menang Adu Penalti Lawan Borneo

Final Piala Presiden 2024: Arema FC Juara Piala Presiden 2024 Usai Menang Adu Penalti Lawan Borneo

KABARINDO, SOLO - Singo Edan -julukan Arema FC- sukses menyabet gelar juara Piala Presiden 2024 usai menang lewat drama adu penalti dengan skor 5-4.

Laga Borneo FC vs Arema FC digelar di Stadion Manahan, Solo, pada Minggu (4/8/2024) malam WIB. Pertandingan ini harus berlanjut ke babak adu penalti karena skor 1-1 terus terjaga hingga akhir waktu normal laga.

Borneo FC sendiri harus bermain dengan 10 orang saja dalam laga ini. Sebab, Stefano Lilipaly diganjar kartu merah oleh wasit di babak kedua.

Duel sengit tersaji sejak menit awal laga. Kedua tim langsung jual beli serangan karena berharap bisa membuka keunggulan lebih cepat demi menjaga asa juara.

Tetapi, usaha demi usaha yang dilakukan gagal berbuah manis hingga laga mencapai menit ke-25. Salah satu peluang Arema FC yang gagal berbuah manis terjadi pada menit ke-21.

Kala itu, Lokolingoy yang berada di depan gawang Borneo FC mendapat umpan ciamik dari tendangan bebas di luar kotak penalti. Sayang, dia gagal menyambut bola dengan sundulannya.

Terus diserang, Borneo FC tak tinggal diam. Mereka beberapa kali berhasil melakukan serangan balik cepat. Salah satunya lewat aksi Terens Puhiri pada menit ke-26. Sayangnya, pergerakannya berhasil digagalkan pemain di lini belakang Arema FC.

Di sisa waktu pertandingan, kedua tim terus berupaya mencetak gol. Sayangnya, usaha demi usaha mereka tetap gagal berbuah manis sehingga skor kacamata alias 0-0 masih terus terjaga hingga akhir laga 

Arema mampu membuka keunggulan atas Borneo FC di awal babak kedua. Ialah William Moreira yang sukses mencetak gol ke gawang Borneo FC pada menit ke-50.

Borneo FC tidak tinggal diam saja semenjak tertinggal dari Arema FC. Mereka mampu mencetak gol lewat Leonardo Gaucho pada menit ke-62. Skor pun imbang menjadi 1-1.

Pada menit ke-86, Borneo FC harus bermain dengan 10 orang saja. Penyebabnya, Stefano Lilipaly diganjar kartu merah.

Pada akhir babak kedua, Arema FC dapat membobol gawang tim lawan. Namun, gol itu dibatalkan wasit setelah melihat tayangan ulang lewat Video Assistant Referee (VAR) karena menilai ada pelanggaran lebih dahulu.

Sampai akhir babak kedua, tidak ada tambahan lagi dalam laga antara kedua tim. Laga Arema FC dan Borneo FC pun berlanjut ke babak adu penalti.

Babak Adu Penalti

Borneo FC: Berguinho (O), Nguwarugira (O), Ronaldo (X), Habibi (O), Gaucho (O)

Arema FC : Lokolingoy (O), William (O), Sneyder (O), Dalberto (O), Frigeri (O).

Berikut Susunan pemain Borneo FC vs Arema FC:

Borneo FC: Nadeo Argawinata, Ronaldo Rodrigues, Christophe Nduwarugira, Hendro Siswanto, Leo Guntara, Muhammad Fajar, Rosembergne, Stefano Lilipaly, Kei Hirose, Terens Puhiri, Leonardo Gaucho

Pelatih: Pieter Egge Huistra

Arema FC: Lucas Frigeri, Thalea Natanael, Sneyder Julian, Arkan Fikri, William Moreira, Charles Lokolingoy, Achmad Maulana, Choi Bokyung, Salim Akbar, Johan Ahmad, Dalberto Belo.

Pelatih: Joel Cornelli

Foro: Arema FC