Forum Ijtima Ulama Sebut Dukungan untuk Sandiaga Uno sebagai Capres Merupakan Aspirasi Umat

Forum Ijtima Ulama Sebut Dukungan untuk Sandiaga Uno sebagai Capres Merupakan Aspirasi Umat

KABARINDO, JAKARTA - Dukungan yang diberikan Forum Ijtima Ulama terhadap Sandiaga Uno untuk maju sebagai calon presiden dalam pemilu 2024 mengundang sedikit polemik.

Meski begitu, Arif Fahrudin selaku koordinator Forum Ijtima Ulama dan Pemuda Islam Indonesia (PII) menegaskan bahwa dukungan yang diberikan kepada Sandiaga Uno berasal dari aspirasi umat.

“Ini benar-benar aspirasi keumatan pimpinan para ulama, kiai, dan pemuda Islam. Sosok Sandiaga adalah pemimpin yang pas di masa mendatang,” kata Arif Fahrudin pada Minggu (19/12/2021).

Menurut Arif Fahrudin, Sandiaga Uno dipilih karena mewakili sosok milenial yang bijaksana, tidak memiliki masalah keagamaan, terbuka dengan para ulama hingga santri, hingga dinilai memiliki pengalaman politik yang cukup mumpuni.

Baca Juga: Sandiaga Uno Mendukung Penuh Upaya Pemulihan Garuda Indonesia

“Sandiaga selama ini terbuka dengan para ulama dan santri. Programnya pun menyasar para santri. Itu yang membuat ulama dan pemuda Islam menilai Sandiaga bisa diterima semua kalangan,” Arif menjelaskan.

Hingga saat ini, Arif Fahrudin menyebut bahwa Sandiaga Uno telah mendapat dukungan dari Forum Ijtima Ulama dan PPI provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat. Tak menutup kemungkinan bakal terus bertambah.

Langkah yang dilakukan Forum Ijtima Ulama dan PPI ini pun disesali oleh Kamrussamad yang merupakan politisi Partai Gerindra, tempat Sandiaga Uno bernaung.

Kamrussamad meminta Sandiaga Uno berhati-hati dalam menerima dukungan dari kelompok yang mengatasnamakan Forum Ijtima Ulama.

"Sangat disesalkan adanya deklarasi mendukung Sandiaga Uno menjadi calon presiden yang mengatasnamakan Ijtima Ulama di Jawa Barat dan DKI Jakarta ," kata Kamrussamad.

Kamrussamad pun menyebut deklarasi yang dilakukan di Jakarta dan Jawa Barat pada November dan Desember 2021 merupakan tindakan yang berpotensi menimbulkan politik identitas sebagai pemecah belah bangsa.

"Saya khawatir ada sekelompok oknum yang bekerja secara sistematis bersama Sandiaga Uno sehingga tega melakukan eksploitasi identitas ulama," Kamrussamad memungkasi.

Sumber Berita: Antara
Foto: instagram.com/sandiuno dan instagram.com/kamrussamad_ks