FPF Resmi Konfirmasi Pelatih Fernando Santos Tinggalkan Timnas Portugal!

FPF Resmi Konfirmasi Pelatih Fernando Santos Tinggalkan Timnas Portugal!

KABARINDO, - FederasiSepakbola Portugal (FPF) resmi mengonfirmasi Fernando Santos meninggalkan kursi pelatih Timnas Portugal. Alhasil, kebersamaan Fernando Santos dengan Timnas Portugal resmi berakhir usai gagal membawa Cristiano Ronaldo cs melangkah jauh di Piala Dunia 2022.

Dalam keterangan resminya yang diumumkan Jumat (16/12/2022) dini hari WIB, pihak FPF menyampaikan perpisahan ini merupakan kesepakatan bersama. Baik pihak FPF dan Fernando Santos, mereka menilai sudah waktunya bagi Timnas Portugal memulai siklus baru.

“Federasi Sepakbola Portugal dan Fernando Santos sepakat untuk mengakhiri perjalanan yang sangat sukses yang dimulai pada September 2014,” bunyi pernyataan FPF, sebagaimana dari laman resminya, Jumat (16/12/2022).

“Setelah salah satu partisipasi terbaik yang pernah dilakukan oleh tim nasional, pada tahap akhir, di Piala Dunia, di Qatar, FPF dan Fernando Santos memahami bahwa ini adalah waktu yang tepat untuk memulai siklus baru,” sambungnya.

“Merupakan suatu kehormatan memiliki pelatih dan orang seperti Fernando Santos di timnas,” demikian pernyataan yang dirilis di laman resmi FPF dan menyertakan video ucapan terima kasih kepada Fernando Santos.

Santos memang gagal membawa Selecao -julukan Timnas Portugal- melangkah jauh di Piala Dunia 2022. Cristiano Ronaldo cs tersingkir di babak perempatfinal Piala Dunia 2022. Di babak itu, mereka dikalahkan Timnas Maroko dengan skor 0-1.

Santos sendiri diketahui sudah sekira 9 tahun memimpin skuad Portugal (sejak 2014). Dia pun sebenarnya sukses membawa Portugal mengukir prestasi, di antaranya mengantarkan Cristiano Ronaldo dkk juara Piala Eropa 2016.

Tak hanya itu, Fernando Santos kembali membawa Portugal juara di Liga Bangsa-Bangsa Eropa atau UEFA Nations League 2019. Tak ayal, Santos awalnya diyakini bisa membawa Portugal juara dunia.

Kontrak Santos di Timnas Portugal sendiri sebenarnya masih ada hingga Piala Eropa 2024. Dengan sudah berpisah kini, FPF harus mencari pelatih anyar untuk Timnas Portugal, Beredar rumor kandidat terkuat untuk menggantikan Fernando Santos adalah Jose Mourinho dan Paulo Fonseca. Foto: Reuters