Gempa Tapanuli Utara: Kapolda Sumut Tinjau Lokasi Terdampak

Gempa Tapanuli Utara: Kapolda Sumut Tinjau Lokasi Terdampak

KABARINDO, MEDAN - Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak meninjau langsung lokasi terdampak gempa di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Jumat (1/10/2022) pagi.

 

Kapolda terbang menggunakan helikopter sesaat setelah gempa bermagnitudo 6 itu mengguncang pada dini hari tadi, untuk memastikan upaya evakuasi dan rehabilitasi pasca gempa berjalan baik. Termasuk memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) berjalan kondusif.

 

"Pak Kapolda Sumut naik heli terbang ke Taput," kata Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi.

 

Selain untuk memastikan kondisi warga Tapanuli Utara dalam kondisi baik, Kapolda juga memberikan bantuan kesehatan bagi masyarakat yang terluka akibat guncangan gempa.

 

"Untuk data warga yang terluka maupun rumah rusak akibat gempa masih dalam pendataan,' ungkap Hadi.

 

Diketahui, gempa magnitudo 6,0 mengguncang Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) pada pukul 02:28 dini hari tadi. Gempa susulan juga sudah terjadi sebanyak 68 kali hingga pukul 10 pagi tadi.

Berdasarkan laporan sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Taput, gempa tersebut mengakibatkan kerusakan sejumlah bangunan rumah, perkantoran, rumah sakit dan fasilitas umum lainnya.

 

Dilaporkan juga jalan rusak dan ambles, pohon tumbang dan longsor. Pasar Sarulla, Pahae Jae, Taput juga dilaporkan terbakar usai terjadi gempa tersebut.

 

Satu orang warga juga dilaporkan meninggal dunia akibat gempa yang berpusat di darat 15 km barat laut Taput dengan kedalaman 10 km. Puluhan lainnya mengalami luka-luka.