GoTo Dukung Kebangkitan Pariwisata Lokal untuk Pemulihan Ekonomi Nasional Melalui Mandalika GP Series 2022

GoTo Dukung Kebangkitan Pariwisata Lokal untuk Pemulihan Ekonomi Nasional Melalui Mandalika GP Series 2022

KABARINDO, JAKARTA - GoTo, ekosistem digital terbesar di Indonesia yang menaungi Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial, mendukung ajang balap motor bergengsi internasional, Mandalika GP  Series 2022, yang termasuk dalam kalender balap MotoGP musim 2022.

Bekerja sama dengan Mandalika Grand Prix Association (MGPA), bagian dari Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Group, GoTo menghadirkan berbagai produk dan layanan dalam ekosistemnya pada ajang tersebut. 

Kehadiran GoTo di ajang ini merupakan bentuk dukungan atas upaya pemulihan perekonomian nasional pemerintah melalui kebangkitan sektor pariwisata lokal dengan multiplier effect bagi usaha mikro kecil menengah (UMKM) di sekitar wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB). Hal ini sejalan dengan upaya GoTo sebagai salah satu kontributor utama digital ekonomi di Indonesia dalam mendorong UMKM untuk semakin berkembang melalui ekosistemnya yang komprehensif. 

Beberapa inisiatif GoTo dalam rangkaian pelaksanaan Mandalika GP Series 2022 adalah:

  1. Mendekatkan UMKM lokal terbaik dengan pengunjung. Melalui kerja sama GoTo dengan Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM), para UMKM setempat dapat menjangkau lebih banyak pelanggan dengan menjadi mitra merchant GoFood dan GoPay. Kolaborasi ini juga menghadirkan produk-produk UMKM Tokopedia dan Gojek di sektor kuliner. 

  2. Memberi kemudahan pembayaran nontunai lewat QRIS dari GoPay di food truck. Melalui kemitraan strategis dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), sejumlah food truck hadir di Pantai Kuta Mandalika, dilengkapi promo menarik GoPay dengan cashback 40% yang mempermudah pengunjung mendapatkan kuliner nusantara terbaik di area Mandalika.

  3. Memberikan akses pemasaran bagi UMKM di sektor ekonomi kreatif melalui partisipasi planogram MotoGP Kemenparekraf. Lebih dari 40 UMKM Tokopedia di sektor fesyen, kuliner, dan kriya dan 20 merchant GoFood turut berpartisipasi dalam menampilkan produk-produk unggulan pada planogram yang disediakan Kemenparekraf. 

  4. Mendorong transaksi melalui promo menarik untuk pembelian produk di merchant UMKM yang hadir selama gelaran MotoGP berlangsung.

Kehadiran GoTo juga memberikan pengalaman konsumen yang menyenangkan lewat beragam produk dan ragam layanan:

  1. Gojek Booth di area sirkuit dengan berbagai game berhadiah merchandise Gojek x Mandalika GP series serta rest area bagi pengunjung. Selain itu, pengunjung mendapat kemudahan untuk melakukan to-up GoPay di GoPay Booth.

  2. Layanan GoCar, sebagai official ride-hailing partner, siap memenuhi kebutuhan bepergian pengunjung dari dan ke luar area sirkuit, dilengkapi dengan layanan  dengan Customer Lounge (Ruang Tunggu) yang memudahkan para pengunjung untuk bertemu dengan mitra driver GoCar. Gojek Shuttle pun hadir memudahkan mobilitas pengunjung di area sirkuit. 

  3. Fitur GoFood Pickup dapat menjadi solusi bagi pengunjung untuk mengambil langsung pesanan kuliner favorit dari merchant GoFood dengan lebih cepat dan nyaman di area sirkuit. Melalui fitur ini,  pelanggan bisa memesan makanan sebelum sampai di lokasi resto serta memantau estimasi hingga pesanan siap diambil melalui aplikasi dengan nyaman.

  4. Merchandise resmi MotoGP yang dapat dibeli secara eksklusif di Tokopedia, melalui ‘Sarinah Official Merchandise Mandalika GP Series’, hasil kerja sama antara Sarinah dan Tokopedia. 

  5. Promo menarik untuk transaksi di merchant khusus MGPA menggunakan GoPay dan GoFood Pickup serta promo pembelian official merchandise di booth selama event dengan GoPay.

  6. Kemudahan membeli tiket Mandalika GP  Series 2022 lewat aplikasi Tokopedia atau GoTix (dari Gojek) dan LOKET selaku partner penjualan tiket resmi.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap seluruh pihak dalam ekosistemnya, GoTo menyediakan pengalaman eksklusif, mulai dari mendapatkan tiket perjalanan, akomodasi, hingga nonton MotoGP gratis bagi Anak Sultan, yang memenangkan kompetisi Nonton MotoGP #AlaAnakSultan, selama periode 24 Februari - 4 Maret 2022. Anak Sultan merupakan level tertinggi dari GoClub, program loyalitasnya Gojek.

Pengalaman eksklusif serupa juga dapat dinikmati oleh mitra driver Gojek yang memenangkan kompetisi media sosial #MitraGojekNontonMotoGP dan berkesempatan untuk mendapatkan pengalaman menonton Mandalika GP Series secara gratis. Mitra GoJek Muh. Zakaria Fernanda merupakan salah satu mitra yang sukses memenangkan kompetisi tersebut. Ia berhak menikmati balapan MotoGP di Mandalika pada pekan lalu. 

Tentu sangat senang dan tidak menyangka, sempat “deg-degan” nunggu pengumuman, karena sudah berharap sekali bisa jadi salah satu pemenangnya. Saat di lokasi, Seru banget, apalagi lihat race dari posisi start secara langsung. Waaah denger suara motornya renyah banget. Terima kasih Gojek, momen ini tak akan saya lupakan seumur hidup saya. Terima kasih karena membuat mimpi saya untuk menonton langsung MotoGP menjadi kenyataan,” papar Zakaria Fernanda.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno juga menyebutkan bahwa ajang Mandalika GP Series 2022 merupakan program prioritas nasional yang akan menjadi momentum kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif "parekraf" yang dapat mendorong kepulihan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja di Indonesia.

"Ajang ini tidak hanya menunjukan keindahan pariwisata dan branding Indonesia di mata dunia namun juga membawa misi ekonomi. Kami mengapresiasi Grup GoTo atas dukungannya dalam penyelenggaraan Mandalika GP Series 2022 ini, secara khusus dalam mempersiapkan ketersediaan dan kesiapan pelaku kuliner food truck melalui ekosistem digital pembayaran nirkontak dan promo menarik GoPay," terangnya.

Program Food Truck Goes To Mandalika ini adalah wujud dari program yang tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu di era ekonomi baru ini, karena memberikan kemudahan bagi pengunjung untuk mendapatkan kuliner di Mandalika sekaligus menjadi panggung strategis dalam mempromosikan kuliner nusantara sebagai salah satu sub-sektor ekonomi kreatif yang berpotensi dalam menopang kebangkitan perekonomian tanah air. Dengan kolaborasi serta mengoptimalkan peran digitalisasi, ke depannya kami berharap dampak positif dari multiplier effect kegiatan ini dapat terus meluas dan berlangsung secara kontinu bagi sektor parekraf agar dapat #BangkitBersamaKemenparekraf melalui promosi #WonderfulIndonesia kepada turis domestik maupun internasional.”

Wakil Direktur Utama MGPA Cahyadi Wanda mengatakan, kolaborasi dan keikutsertaan para pihak termasuk GoTo sangat penting untuk mendukung penyelenggaraan Mandalika GP Series 2022, termasuk MotoGP.

Ia pun berharap ajang yang berlangsung ini dapat memberikan multiplier effect yang luas tak hanya bagi masyarakat di sekitar Mandalika, tetapi juga di seluruh Indonesia. Kami percaya dengan teknologi yang dihadirkan GoTo, dapat memudahkan pengunjung menikmati acara dan di sisi lain, memberikan dampak bagi masyarakat sekitar dengan membantu mempromosikan kuliner dan produk lokal.”

Chief of Public Policy and Government Relations  GoTo Shinto Nugroho mengungkapkan bahwa GoTo turut berbangga dengan dipercayanya Indonesia sebagai tuan rumah Mandalika GP Series 2022. Hal ini membuktikan kepercayaan dunia terhadap inovasi teknologi dan hospitality Indonesia.

"Ajang ini turut menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional melalui kebangkitan sektor pariwisata. Untuk itu, partisipasi GoTo dalam mendukung perhelatan ini adalah bagian dari upaya holistik ekosistem kami untuk berkontribusi pada pemulihan ekonomi nasional dengan membangkitkan sektor pariwisata dan UMKM. Kami selalu siap bermitra dengan berbagai pihak, terutama pemerintah, dalam mendorong inisiatif strategis yang dapat mendukung pemulihan ekonomi. Manifestasi dari komitmen kami tersebut adalah kemitraan kami dengan MGPA serta kolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” jelasnya.