Habsburg Bawa WRT 31 Start dari P6 dan Sean Gelael Jadi Starting Driver Lagi

Habsburg Bawa WRT 31 Start dari P6 dan Sean Gelael Jadi Starting Driver Lagi

KABARINDO, MONZA - Performa baik di hari Jumat tidak diikuti oleh hal sama pada Sabtu (8/7). Team WRT 31 melewati dua sesi tak mudah, walau itu bukan berarti akhir dari segalanya untuk lomba 6 Hours of Monza besok.

Pada Free Practice 3 mobil yang dikendarai Sean Gelael, Ferdinand Habsburg, dan Robin Frinjs lama berada di garasi sirkuit bernama Autodrome Nazionale Monza dan terletak di dekat kota Milan, Italia, itu.

Masalah aliran listrik membuat mereka berkali-kali masuk ke pit untuk mengecek kondisi mobil. Total lebih dari 30 menit mereka habiskan di garasi, sehingga bahkan Robin Frinjs tak kebagian jatah mencatat waktu.

WRT 31 hanya berada di P11 dalam sesi latihan terakhir. Jeda tiga jam lebih dimanfaatkan untuk memperbaiki kondisi mobil agar bisa dipakai normal di babak kualifikasi.

Di babak penentuan posisi start tersebut untuk kali pertama di musim FIA WEC 2023 Habsburg mendapat tugas, di mana sebelumnya Frinjs selalu jadi andalan. Dan strategi itu memang sudah disimulasikan oleh WRT 31 sejak FP1, di mana Habsburg selalu ditugasi mencari fastest lap.

Berbeda dengan beberapa tim lain, Habsburg hanya memakai satu pasang ban. Penghematan ini ditujukan agar ban baru bisa lebih dioptimalkan saat lomba, mengingat regulasi LMP2 mengharuskan sejumlah pasang ban mesti dipakai untuk kualifikasi sekaligus lomba.

Robert Kubica dari WRT 41 memang menempati pole, namun Habsburg mampu membuat lap time yang tak kalah kompetitif dengan hanya sepasang ban. Habsburg pun mampu menembus batas 1 menit 40 detik, tepatnya 1:39.957 dan 0,6 detik lebih lambat dari Kubica.

"Kami tentu senang dengan pole pertama di musim ini yang dibuat Kubica. Akan tetapi lap time yang dibuat Habsburg juga bagus, menunjukkan betapa kompetitifnya kelas LMP2," demikian pernyataan WRT.

Untuk lomba, Sean Gelael kembali dipercaya menjadi starting driver WRT 31. Dia akan memaksimalkan pengalamannya di Monza, apakah saat masih balapan di F2 atau WEC. 

"Saya selalu senang balapan di Monza dan dipercaya menjadi starting driver lagi tentu membanggakan. Semoga kali ini balapan kami berlangsung mulus, dimulai dari start yang baik. Bismillah," ujar Sean.

Putaran kelima FIA WEC, 6 Hours of Monza, disiarkan langsung oleh kanal youtube KUY Entertainment dan www.sean-gelael.com pada Minggu (9/7) dengan start pukul 17.30 WIB. Foto: Istimewa