Harapan Presiden Jokowi: Indonesia Berhenti Impor Obat dan Alkes

Harapan Presiden Jokowi: Indonesia Berhenti Impor Obat dan Alkes

KABARINDO, JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa ia ingin Indonesia untuk tak lagi mengimpor obat-obatan dan alat kesehatan (Alkes).

Hal itu presiden sampaikan dalam acara peletakan batu pertama Rumah Sakit International Bali di Denpasar.

Presiden Jokowi ingin agar obat dan juga alkes bisa diproduksi di dalam negeri untuk ke depannya.

“Alat-alat kesehatan, obat-obatan, bahan baku obat, kita harus berhenti untuk mengimpor barang-barang itu lagi, dan kita lakukan, kita produksi sendiri di negara kita,” kata Presiden Jokowi.

Industri Herbal

Industri herbal jadi jawaban pemerintah soal hal ini, setidaknya begitu yang dikatakan Menteri BUMN, Erick Thohir.

Ia berujar bahwa BUMN INdofarma akan fokus dalam pengembangan industri herbal, dengan Indonesia punya alam dan budaya yang mendukung akan hal itu.

“Industri herbal sendiri kita punya kekuatan Pak, memang kita mempunyai alam dan punya kultur mengenai industri herbal ini. Karena itu Indofarma kita akan fokus pengembangan industri herbal daripada pengobatan,” kata Erick Thohir.

Kini, fokus Kementerian BUMN adalah sedang membenahi klaster kesehatan yang ada agar tercipta ekosistem yang dapat membuat Indonesia mandiri kesehatan.

“Kita tahu ekosistem ini menjadi kunci. Kalau kita berdiri sendiri-sendiri, akhirnya tentu kita tidak punya kekuatan yang terpadu untuk menahan gelombang yang terjadi ke depannya,” ujar Erick Thohir.

Sumber: Antara
Foto: Antara