Hari Ini Laga Semifinal Piala AFF 2022 Timnas Indonesia vs Timnas Vietnam di SUGBK Senayan

Hari Ini Laga Semifinal Piala AFF 2022 Timnas Indonesia vs Timnas Vietnam di SUGBK Senayan

KABARINDO, JAKARTA  - Hari ini, Jumat (6/1/2023) Timnas Indonesia bakal bersua dengan salah satu musuh bebuyutannya, Vietnam, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), dengan kick-off pada pukul 16.30 WIB.

Garuda – julukan Timnas Indonesia – lolos sebagai runner-up dari Grup A setelah mengoleksi 10 poin. Thailand juga mengoleksi 10 poin, namun mereka memiliki catatan selisih gol lebih baik daripada Indonesia sehingga berhak lolos sebagai juara Grup A.

Lawan Timnas Indonesia tentunya adalah juara Grup B, yang pada akhirnya dipegang oleh Vietnam. Skuad The Golden Star – julukan Timnas Vietnam – mengoleksi 10 poin juga, dengan keunggulan satu poin di atas Malaysia selaku runner-up Grup B.

Sebagai runner-up, Timnas Indonesia berhak tampil sebagai tuan rumah lebih dulu pada semifinal Piala AFF 2022. SUGBK pun ditunjuk menjadi venue sebagaimana yang telah digunakan di sepanjang turnamen ini.

Sebelumnya di laga kontra Thailand pada fase grup, SUGBK dibuka untuk 50 ribu penonton dan begitu pula dengan laga ini. Atmosfer panas di stadion kebanggaan pendukung Timnas Indonesia pun diharapkan bisa mengintimidasi Vietnam dan memberi keuntungan bagi skuad asuhan Shin Tae-yong.

Kedua tim memang memiliki sejarah panjang rivalitas, terutama di Piala AFF. Mereka bahkan sudah bertemu dua kali di babak semifinal Piala AFF, yang keduanya dimenangkan oleh Indonesia.

Yang pertama pada Piala AFF 2000, Indonesia menang 3-2 dalam laga yang dimainkan satu leg. Dalam format baru kandang-tandang, Timnas Indonesia menang agregat 4-3 atas Vietnam di semifinal Piala AFF 2016.

Selain itu, pertandingan ini juga menjadi semakin berwarna karena rivalitas kedua pelatih. Shin Tae-yong dan Park Hang-seo merupakan dua pelatih asal Korea Selatan yang sudah bersaing sejak masih di Negeri Ginseng tersebut.

Shin Tae-yong punya rekor bagus karena memenangkan delapan dari 13 pertemuan kontra Park Hang-seo. Namun sayang, dia belum pernah melakukannya ketika Timnas Indonesia bersua dengan Vietnam asuhan Park Hang-seo.

Dari tiga pertemuan terakhir, Park Hang-seo menang dua kali atas Shin Tae-yong sedangkan satu laga lainnya berakhir imbang 0-0. Kekalahan pertama terjadi pada ajang kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan skor 0-4, sedangkan yang kedua adalah 0-3 pada level U-23.

Jadwal Piala AFF 2022 hari ini, Jumat 6 Januari 2023 – Timnas Indonesia vs Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno mulai pukul 16.30 WIB

Foto: PSSI