HUT PMI 78; JK : Dibutuhkan Gerakan Penghijauan untuk Atasi Perubahan Iklim

HUT PMI 78; JK : Dibutuhkan Gerakan Penghijauan untuk Atasi Perubahan Iklim

KABARINDO, JAKARTA - Palang Merah Indonesia (PMI) sebagai organisasi kemanusiaan yang memiliki mandat membantu masyarakat, sesuai dengan UU No. 1 Tahun 2018 tentang Kepalangmerahan. Sebagai organisasi Kemanusiaan, PMI selalu bergerak bersama untuk menolong sepenuh hati masyarakat yang membutuhkan, terutama masalah yang saat ini sedang melanda Indonesia seperti kekeringan perubahan iklim dan polusi udara. 

Ketua Umum PMI Jusuf Kalla dalam upacara peringatan HUT PMI ke-78, di Tangerang Volunteer Park, Senin (18/09), Kab. Tangerang mengatakan, perubahan iklim yang terjadi menyebabkan terjadi kekeringan, untuk itu dibutuhkan upaya lebih lanjut dengan membantu masyarakat untuk distribusi air bersih,” jelas JK. 

Lebih lanjut JK mengatakan, “dibutuhkan upaya lebih lanjut untuk mengatasi perubahan iklim dengan melakukan gerakan penghijauan,” tambah JK. 

Acara Kegiatan HUT PMI 78 ini dipusatkan secara nasional di Tangerang Volunteer Park, di Kecamatan Solear, Kab. Tangerang, dengan mengambil tema “Menolong Sepenuh Hati” yang artinya segenap Pengurus, Staf dan Relawan yang bertugas  harus bekerja keras dan Ikhlas demi kemanusiaan.

Ketua Umum PMI Jusuf Kalla, secara resmi meresmikan Monumen Covid-19. Tercatat, sebanyak 25 Relawan PMI gugur saat melakukan respon melawan Pandemi Covid-19, yang memakan korban jiwa sekitar 6 juta jiwa di seluruh Indonesia. Selain itu, JK juga melakukan Penanaman Pohon di Tangerang Volunteer Park serta distribusi air bersih di area warga sekitar Masjid, di Kab. Tangerang.

Sementara untuk distribusi air bersih secara keseluruhan, tercatat PMI telah mendistribusikan air bersih sebanyak 100 juta liter air di 19 provinsi di Indonesia dengan mengerahkan 218 Mobil Tangki air, dengan target secara keseluruhan mencapai 300 juta liter air.
 

Sedangkan untuk penanaman pohon, PMI mendapatkan dukungan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berupa 244 Tanaman Budidaya serta Pelindung, yang akan ditanam di area Tangerang Volunteer Park.  
Di sela acara peringatan ini, PMI Kab. Tangerang juga melaksanakan Jumbara (Jumpa Bakti Gembira) ke VII, di Tangerang Volunteer Park, yang diikuti sekitar 1500 Peserta PMR dari Tingkat Mula (SD), Madya (SMP) dan Wira (SMA) dari 29 Kecamatan yang tersebar di wilayah Kab, Tangerang. 

Dalam acara HUT ini, Hadir juga perwakilan dari Bupati Kab. Tangerang, Zaki Iskandar, Ketua PMI Provinsi Banten, Tatu Chasanah, dan Ketua PMI Kab. Tangerang, Soma Atmaja serta perwakilan PMI Kab/Kota se-Provinsi Banten, perwakilan ICRC, IFRC dan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah dari negara sahabat. Foto: Istimewa