HUT RI di IKN, Heru Budi akan Kerahkan Duta Pariwisata Abang None hingga Purna Paskibraka

HUT RI di IKN, Heru Budi akan Kerahkan Duta Pariwisata Abang None hingga Purna Paskibraka

KABARINDO, JAKARTA - Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengerahkan duta pariwisata Abang None hingga purna-Paskibraka dalam agenda kirab bendera pusaka dan teks proklamasi dari Jakarta menuju Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Hal itu disampaikan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana saat hadir di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Sabtu.

"Kirab hari ini dipimpin Kasetpres kemudi melibatkan 180 Abang None Jakarta, 122 purna-Paskibraka Provinsi DKI dan siswa-siswi Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Politeknik dan Pamong Praja," katanya.

Selain pelibatan personel, kata Yusuf, agenda kirab juga dimeriahkan penampilan seni dan budaya sebagai visualisasi kearifan lokal dalam prosesi kirab duplikat bendera Merah Putih dan teks proklamasi.

Iring-iringan kirab di Jakarta dimulai dari Monas menuju Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, melewati Patung Kuda, Jalan Thamrin, Bundaran HI, Semanggi.

Durasi kirab di perlintasan Jakarta diperkirakan Yusuf berkisar 1 jam 15 menit dengan jarak tempuh 14 kilometer, sebelum bendera dan teks proklamasi selanjutnya diterbangkan ke IKN menggunakan pesawat TNI AU.

"Yang menarik bendera duplikat dan teks proklamasi akan menggunakan kendaraan taktis Maung buatan Pindad kita, sekaligus menggunakan produksi dalam negeri," katanya.