Ibu Kota Nusantara, Sebelumnya Ada 80 Usulan Nama Ibu Kota Negara Baru

Ibu Kota Nusantara, Sebelumnya Ada 80 Usulan Nama Ibu Kota Negara Baru

KABARINDO, JAKARTA Presiden Joko Widodo telah sepakat nama ibu kota negara (IKN) di Kalimantan Timur menjadi Nusantara. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Suharso Monoarfa, mengungkapkan hal tersebut.

Suharso juga mengungkapkan bahwa sebelumnya ada 80 nama ibu kota negara yang diusulkan ke Jokowi. Pada akhirnya Jokowi pun memilih sendiri nama ibu kota baru yakni Nusantara.

“Ada sekitar 80 lebih, tapi kemudian akhirnya dipilih kata Nusantara,” kata Suharso dalam rapat dengan Panitia Khusus (Pansus) RUU IKN DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (17/1).

Ibu kota negara yangs sempat diajukan kepada Presiden antara lain; Negara Jaya, Nusantara Jaya, Nusa Karya, Nusa Jaya, Pertiwipura, Warnapura, Cakrawalapura, hingga Kertanagara.

Dalam rapat tersebut Suharso juga telah memanggil ahli Bahasa, ahli sejarah, dan sejumlah pakar lainnya untuk membahas nama ibu kota negara.

“Mereka yang punya otoritas untuk memberikan knowledge kepada kami, para pakar itu untuk memilih kata-kata yang paling tepat dan ini begitu besar sekali,” ucap Suharso.

Sebelum menetapkan nama ibu kota negara Nusantara, Jokowi pun memastikan terlebih dahulu pilihannya tersebut pada Suharso, Jumat (14/1) lalu.

“Saya baru mendapatkan konfirmasi langsung dari Bapak Presiden pada Jumat dan beliau mengatakan IKN ini namanya Nusantara,” kata Suharso.

Lebih lanjut, Suharso menjelaskan Nusantara ini dipilih menjadi nama IKN karena istilah ini sudah dikenal sejak dulu, ikonik di kalangan internasional, mudah dan mampu menggambarkan kenusantaraan Republik Indonesia.

Sumber: CNNIndonesia.com

Foto: instagram.com/jokowi