Indonesia Main Seri 0-0 Lawan Vietnam , Ketum PSSI Mengaku Puas Timnas Bisa Tahan Gempuran Tim Favorit Juara Piala AFF

Indonesia Main Seri 0-0  Lawan Vietnam , Ketum PSSI Mengaku Puas Timnas Bisa Tahan Gempuran Tim Favorit Juara Piala AFF

KABARINDO, SINGAPURA - Duel sengit tersaji saat timnas Indonesia bermain 0-0 dengan Vietnam pada laga ketiga Grup B AFF Suzuki Cup 2020 Rabu (15/12) malam di Bishan Stadium, Singapura.

Laga ini sendiri didominasi Vietnam sepanjang laga sehingga Indonesia terus-menerus mendapat tekanan. Total penguasaan bola dimiliki Vietnam dengan presentasi 71 persen berbanding 29 persen.

Sayangnya, laga seru ini pada akhirnya berakhir dengan skor kacamata sehingga kedua tim harus puas berbagi angka dengan Indonesia masih berada di puncak grup B dengan unggul selisih gol.

Menanggapi hasil tersebut, seusai laga Ketum PSSI Mochammad Iriawan mengaku cukup puas dengan permainan anak asuh Shin Tae-yong yang bisa menahan gempuran Vietnam..

“Luar biasa penampilan pemain. Saya dan Menpora Zainudin Amali menyaksikan bersama-sama di sela-sela babak delapan besar Liga 2 di Stadion Pakansari,” ujar Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.“ Saya bangga melihat fighting spirit pemain sampai 2x 45 menit. Mereka terus berjuang sampai menit akhir. Sekali lagi saya bangga dengan mereka.” pungkasnya seperti yang dikutip dari laman ofisial PSSI.

Baca Juga: Piala AFF 2020: Tahan Imbang Vietnam, Indonesia Masih Puncaki Grup B

Baca Juga: Persiraja Resmi Daftarkan 16 Amunisi Anyar dan Pelatih Jelang Putaran Kedua Liga 1

 

Pada laga itu pelatih Shin Tae-yong seharusnya menurunkan kiper Ernando Ari Sutaryadi. Namun, kiper asal Persebaya Surabaya itu mengalami cedera saat pemanasan. Posisinya kemudian digantikan Nadeo Arga Winata.
Posisi kapten yang biasanya diserahkan Evan Dimas Darmono, kini digantikan Asnawi Mangkualam Bahar.

Pada sepanjang 45 menit pertama, Indonesia lebih banyak bertahan.

Dengan skema 3-4-3 dan menempatkan Fachruddin Wahyudi, Rizky Ridho, dan Alfeandra Dewangga di posisi bek tengah, mereka sanggup menahan gempuran Vietnam.

Posisi 3-4-3 ini bisa berubah menjadi 3-6-1 saat tertekan. Skema ini ternyata manjur untuk mengimbangi permainan Vietnam.

Memasuki babak kedua, Evan Dimas masuk menggantikan Rahmad Irianto. Masuknya Evan diharapkan bisa menambah kekuatan lini tengah skuad Garuda.

Di 20 menit terakhir, Shin Tae-yong memasukkan Rizki Dwi menggantikan Asnawi dan Irfan Jaya digantikan Ramai Rumakiek. Yabes Roni juga dimasukkan.

“Penampilan timnas terus membaik. Saya yakin mereka akan melangkah ke final,” imbuh Waketum Iwan Budianto dan diamini Sekjen PSSI Yunus Nusi.

Sumber: PSSI

Foto: PSSI