Info Haji 2022 : Total16 Jamaah Haji Indonesia Telah Wafat dan 67 Jamaah Rawat Inap

Info Haji 2022 : Total16 Jamaah Haji Indonesia Telah Wafat dan 67 Jamaah Rawat Inap

KABARINDO, MAKKAH - Update haji 2022 mengenai data jamaah haji Indonesia yang meninggal dunia. Ada dua data terbaru jamaah haji yang meninggal dunia dan kini totalnya mencapai 16 orang.

Dua jamaah haji meninggal dunia pada Rabu waktu Arab Saudi (WAS) setelah sebelumnya sempat menjalani perawatan.

"Ya, karena penyakit jantung. Sebelumnya sempat di rawat di sini" kata Kepala Seksi Kesehatan Daker Makkah, M Imran Saleh di KKHI Makkah, Rabu (29/6/2022).

Kedua jamaah haji yang meninggal dunia atas nama Norlius Ilyas Intan Kayo dari kloter 7 Embarkasi Batam (BTH 7) dan Anta Misda Jiam dari kloter 11 Embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS)

Sementara itu, sebanyak 67 calon haji Indonesia menjalani rawat inap di Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Daerah Kerja (Daker) Makkah.

"Ini mereka mengalami gangguan jantung dan kita rawat di sini," kata Imran.

Hingga saat ini, KKHI Mekkah sudah merawat 731 calon haji dengan 531 orang rawat jalan dan 200 orang dirawat inap.

Dia mengatakan dari jumlah anggota jamaah yang dirawat inap tersebut, paling banyak mengidap penyakit jantung.

"Jadi jamaah kita di sini yang setelah melakukan aktivitas fisik mengalami gangguan di jantung dan juga punya riwayat jantung sebelumnya. Ada juga yang memiliki faktor risiko diabetes dan hipertensi," kata Imran.

Selain itu, ada 16 calon haji yang dirujuk ke Rumah Sakit Arab Saudi namun enam di antaranya menjalani perawatan, yaitu karena fraktur, stroke, dan kanker.