Ini 3 Fungsi Pesantren Menurut Wapres KH Ma'ruf Amin

 Ini 3 Fungsi Pesantren Menurut Wapres KH Ma'ruf Amin

KABARINDO, PALU — Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin melakukan kunjungan kerjanya di Provinsi Sulawesi Tengah. Dalam kesempatannya, Wapres berkunjung ke Pondok Pesantren Alkhairaat, Palu, Kamis 6 Januari 2022.

Pada kesempatan tersebut, Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi, menyampaikan perhatian Wapres kepada pentingnya fungsi pesantren.

"Didampingi oleh seluruh keluarga dari Alkhairaat dan Pak Wapres berdialog tadi di dalam. Yang ditekankan tadi itu sebenarnya ada tiga fungsi pesantren itu," ujar Masduki dikutip dari keterangan Setwapres pada Jumat (7/1/2022).

Masduki menjabarkan beberapa fungsi pesantren yang dimaksud, seperti menyiapkan ahli fikih, berdakwah, dan memberdayakan ekonomi masyarakat.

"Yang pertama, penyiapan kader-kader yang ahli fikih itu sudah tugas semacam tusi pokok pesantren. Yang kedua, tugas dakwah yang selama ini sudah dilakukan Alkhaairat. Kemudian yang ketiga, hal yang berhubungan dengan pemberdayaan ekonomi masyarakat," ," tutur Masduki

Mengakhiri keterangannya, Masduki juga menuturkan relasi antara Wapres dengan Pondok Pesantren Alkhairaat Palu yaitu adanya kesamaan pada paham keagamaan.

"Hubungan Alkhairaat dengan Wapres, secara akidah Alkhairaat bagian dari ahli sunnah wal jamaah, jadi punya hubungan yang sangat dekat secara paham keagamaan dengan Wapres, pungkasnya.

Sebelumnya, Wapres menyempatkan diri untuk melakukan ziarah ke makam Habib Sayyid Idrus bin Salim Aljufri atau akrab disebut Sis Aljufri yang masih di dalam kawasan Pondok Pesantren Alkhairaat Palu.

Sis Aljufri merupakan ulama kharismatik pendiri Alkhairaat dan dikenal sebagai tokoh ulama yang berjasa menyebarkan ajaran Islam di Sulawesi Tengah.