Inilah Prosentase Lulusan STMIK Horizon Karawang yang Terserap Pasar Kerja dimasa Pandemi

Inilah Prosentase Lulusan STMIK Horizon Karawang yang Terserap Pasar Kerja dimasa  Pandemi

JAKARTA, Kabarindo.com :  Menurut BPS, pandemi Covid-19 membuat angka pengangguran semakin meningkat. Menurut catatan Badan Pusat Statistik (BPS) peningkatan pengangguran terbesar terjadi pada kelompok anak muda yang berusia 20-29 tahun.

 

Dari sisi pendidikan, tingkat pengangguran tertinggi banyak dialami oleh lulusan SMA, SMK, dan pendidikan tinggi universitas. TPT dari lulusan SMA naik dari 6,69% tahun lalu menjadi 8,55% di tahun ini. Begitu pula dari lulusan SMK, naik dari 8,42% menjadi 11,45%, serta universitas dari 5,7% menjadi 6,97%.

 

Sementara itu dalam survei alumni (tracer study) terbaru yang dilakukan kepada 197 alumni lulusan 2019 terungkap bahwa lulusan STMIK Horizon Karawang yang terserap lapangan kerja mencapai 97%. Sedangkan lulusan STIKes Horizon Karawang mencatatangka penyerapan kerja sebanyak 93%.

 

Angka penyerapan tenaga kerja (employment rate) yang tinggi tersebut tentu merupakan sesuatu yang sangat menggembirakan. Mengingat pada saat survei dilakukan, Indonesia masih dalam kondisi pandemiCovid-19 yang tentu saja memengaruhi kondisi perekonomian nasional.

 

Survey alumni atau tracer study sendiri adalah salah satu metode yang digunakan oleh beberapa perguruan tinggi, khususnya di Indonesia untuk memperoleh umpan balik dari alumni. Umpan balik yang diperoleh dari alumni ini dibutuhkan oleh perguruan tinggi dalam usahanya untuk perbaikan serta pengembangan kualitas dan sistem pendidikan.

 

Bukan hanya itu, tracer study ini juga mengungkap bahwa sebanyak 13% lulusan STMIK Horizon Karawang sudah mendapatkan pekerjaan sebelum lulus kuliah. Sementara itu sebanyak 56% lainnya dalam waktu kurang dari 3 bulan sudah mendapatkan pekerjaan. Hanya 3% dari lulusan STMIK Horizon Karawang yang membutuhkan waktu mendapat pekerjaan antara 6- 12 bulan, sementara 3% lainnya hanya membutuhkan waktu 3-6 bulan untuk mendapatkan pekerjaan.

 

Untuk lulusan STIKes Horizon Karawang, sebanyak 6% sudah mendapatkan pekerjaan semasa duduk di bangku kuliah. Sementara sebagian besar atau 40% lainnya hanya membutuhkan waktu kurang dari 3 bulan untuk mendapatkan pekerjaan. Sisanya sebanyak 21% mendapatkan pekerjaan 3-6 bulan setelah lulus, sebanyak 10% mendapatkan pekerjaan 6-12 setelah lulus dan hanya 10% lainnya yang mendapatkan pekerjaan lebih dari setahun setelah lulus.

 

Jika dilihat dari masing-masing jurusan, misalnya di STIKes Horizon Karawang, makaangka keseluruhan penyerapan kerja (overall employment rate) jurusan Kebidanan 87%, D3 Keperawatan 100%, Profesi Ners 100%, S1 Keperawatan 84%. Sedangkan di STMIK Horizon Karawang untuk jurusan D3 Sistem Informasi/Akuntansi 94% dan S1 Informatika/Sistem Informasi 100%.

 

Tersedia Beasiswa

Baik STIKes Horizon Karawang dan STMIK Horizon Karawang adalah institusi pendidikan yang berlokasi di Jalan Pangkal Perjuangan By Pass No.KM 1, Tanjungpura, Karawang yang dimiliki oleh Yayasan Pendidikan Tri Putra Horizon Education. Horizon Education adalah satu-satunya  jaringan sekolah di Indonesia dengan pengalaman internasional yang melayani pasar yang kurang terlayani dengan tujuan mendapatkan pekerjaan baik lokal maupun internasional dan mengatasi kemiskinan lewat pendidikan yang dapat diakses.

 

Tidak hanya menjanjikan prospek yang tinggi bagi lulusannya di dunia kerja, namun Horizon Education juga menawarkan beasiswa Keluarga Horizon untuk membantu calon mahasiswa yang terimbas dampak pandemic secara ekonomi. Bagi calon mahasiswa STMIK Horizon Karawang bisa mendapatkan potongan uang kulian dan uang SKS 50% sampai lulus dan bagi calon mahasiawa STIKes Horizon Karawang mendapat potongan uang kulian dan uang SKS 30% sampai lulus.

 

Saat ini STMIK Horizon Karawang memiliki jurusan S1 Informatika, S1 Sistem Informasi, D3 Sistem Informasi dan D3 Sistem Informasi Akuntansi. Sedangkan STIKes Horizon Karawang memiliki jurusan D3 Kebidanan, D3 Keperawatan, Profesi NERS dan S1 Keperawatan baik kelas reguler maupun kelas karyawan.