INKA Siap Bekerja Sama Dengan ITS; Kembangkan Trem

INKA Siap Bekerja Sama Dengan ITS; Kembangkan Trem

INKA Siap Bekerja Sama Dengan ITS; Kembangkan Trem

Perluas peluang mahasiswa ITS untuk bekerja di bidang industri

Surabaya, Kabarindo- Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya memperpanjang jangka waktu kerja sama dengan PT Industri Kereta Api (INKA).

Menurut Rektor ITS, Prof Ir Joni Hermana MScES PhD, kerja sama yang sudah berjalan lima tahun perlu dilakukan perpanjangan. Hal itu selaras dengan terbukanya peluang ITS untuk bekerja sama melalui pengerjaan berbagai proyek yang diberikan oleh PT INKA. Sebagai contoh, banyak interior kereta api yang dikerjakan oleh Despro (Departemen Desain Produk Industri) ITS.

Joni menargetkan, perpanjangan kerja sama ini dapat memperluas peluang mahasiswa ITS untuk bekerja di bidang industri, sehingga mereka mampu menunjukkan kapasitas dan dapat berinteraksi secara langsung dengan dunia industri.

Manajer Umum bidang Sumber Daya Manusia PT INKA, Puguh Dwi Tjahjono, mengatakan sebagai BUMN, INKA perlu memberikan kontribusi bagi lingkungan, khususnya di bidang pendidikan melalui kerja sama dengan SMK dan universitas di seluruh Indonesia.

“Kami sebagai industri kereta api negara ingin mengangkat kemampuan setiap lapisan pendidikan, contohnya di ITS ini,” ujarnya.

Puguh melihat ITS memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan, di antaranya mobil listrik. Ke depannya, ia ingin melakukan kerja sama dalam pengembangan trem di Surabaya. ITS bisa menjadi embrio pengembangan transportasi di perkotaan.

Ia menambahkan, kerja sama ini bertujuan mengurangi kesenjangan antara dunia pendidikan dan dunia kerja. Dengan begitu akan lebih sedikit waktu yang dibutuhkan untuk melakukan masa orientasi bagi karyawan. Setelah belajar di dunia industri, mereka mengetahui hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk bersaing di dunia kerja nantinya.

Penulis: Natalia Trijaji