IOH Tingkatkan Kapasitas Jaringan, Antisipasi Lonjakan Trafik Telekomunikasi Selama Liburan Nataru 2024

IOH Tingkatkan Kapasitas Jaringan, Antisipasi Lonjakan Trafik Telekomunikasi Selama Liburan Nataru 2024

IOH Tingkatkan Kapasitas Jaringan, Antisipasi Lonjakan Trafik Telekomunikasi Selama Liburan Nataru 2024

Tingkatkan kapasitas jaringan di 77 titik di Jatim

Surabaya, KabarindoIndosat Ooredoo Hutchison (IOH) siap mengantisipasi lonjakan kebutuhan jaringan telekomunikasi digital pada sejumlah titik di Jatim selama masa liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Demi menjaga konektivitas selama periode Nataru, IOH telah mengoptimalkan jaringan di 434 lokasi prioritas dan meningkatkan kapasitas jaringan di 527 titik. Dengan peunambahan ini, IOH kini menyediakan kapasitas sekitar 33% lebih besar dari pada rata-rata trafik data harian. Peningkatan kapasitas ini menjadi langkah antisipatif menghadapi perkiraan lonjakan trafik data sekitar 11,5% dibandingkan rata-rata harian. Peningkatan ini diperkirakan dipicu oleh peningkatan penggunaan aplikasi seperti WhatsApp, Facebook, dan YouTube serta game online seperti Mobile Legends, Roblox dan PUBG.

IOH menyiapkan peningkatan kapasitas jaringan di 77 point of interest (POI) yang merupakan titik-titik yang diperkirakan akan mengalami peningkatan aktivitas masyarakat mulai dari bandara, terminal bus, stasiun kereta api, jalan tol, destinasi wisata, pusat perbelanjaan hingga sarana beribadah.

Penguatan jaringan dilakukan dengan menambahkan kapasitas pada 580 BTS eksisting dan menyiagakan deployment 4 unit mobile based transmission station (MBTS) di wisata Ijen Banyuwangi, Trawas, Wonosalam dan Magetan.

SVP – Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison, Steve Saerang, mengatakan IOH terus berfokus meningkatkan kapasitas jaringan alam menyambut libur Natal dan Tahun Baru ini. Di wilayah Jatim diprediksi terjadi kenaikan trafik terutama di daerah Lamongan, Mojokerto, Jombang sekitar 20%.

IOH juga telah melakukan uji coba jaringan di wilayah yang diprediksi akan menjadi jalur perjalanan populer masyarakat selama liburan Nataru, seperti Trans Jawa, Trans Sumatera, Cikampek, Samarinda dan Balikpapan. Hasil pengujian ini memastikan jaringan IOH optimal dari segi kecepatan.

IOH juga mengaktifkan Command Center selama 24 jam di Surabaya, didukung oleh Network Operation Center berbasis AI/ML (Artificial Intelligence/Machine Learning) dan otomasi. Teknologi ini digunakan untuk memantau ketersediaan dan kualitas jaringan secara berkala selama liburan Nataru. Beberapa dashboard khusus digunakan seperti Operational Dashboard, Performance Dashboard, NetDrone dan Subscriber Movement Dashboard.

Command Center secara proaktif memonitor area publik yang diperkirakan akan mengalami lonjakan trafik, seperti bandara, alun-alun, terminal bus, stasiun kereta, pelabuhan, tempat ibadah, lokasi wisata dan pusat perbelanjaan. Kota-kota yang menjadi tujuan liburan Nataru seperti Bogor, Tegal, Kuningan, Lamongan, Nusa Tenggara Barat, Binjai, Banjarbaru dan Gorontalo diprediksi akan mengalami lonjakan trafik data tertinggi di Indonesia.

IOH melalui brand IM3, Tri dan Indosat HiFi juga memberikan penawaran menarik yang dapat dinikmati selama periode Nataru. Pelanggan juga dapat mengunjungi gerai IM3, 3Store dan menghubungi layanan pelanggan melalui saluran resmi official WhatsApp untuk IM3 (08551000185) dan Tri (08999800123), aplikasi myIM3 dan bima+, Twitter (@IndosatCare dan @3CareIndonesia) serta email (cs@im3.id dan 3Care@three.co.id).

Selain memastikan kualitas layanan dan jaringan terbaik, IOH juga menghadirkan kehangatan dan kebahagiaan bagi lebih dari 5600 anak yatim di seluruh Indonesia. Hal ini merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) di pilar Filantropi. Mengusung tema ‘Indosat Berbagi Kebaikan’ menjadi penutup rangkaian bulan berbagi IOH sepanjang Desember 2023.

“Periode akhir tahun menjadi momentum yang tepat untuk menutup perjalanan IOH selama satu tahun penuh dalam menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia. Memastikan konektivitas dan berbagi dengan mereka yang membutuhkan, menegaskan konsistensi IOH sebagai bagian tak terlepaskan dari kehidupan masyarakat di Indonesia” ujar Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison.