Jadwal FIFA Matchday 2023: Resmi Timnas Indonesia Hadapi Timnas Turkmenistan di Surabaya

Jadwal FIFA Matchday 2023: Resmi Timnas Indonesia Hadapi Timnas Turkmenistan di Surabaya

KABARINSDO, JAKARTA – PSSI telah mengumumkan Tim Nasional (Timnas) Indonesia akan menghadapi Turkmenistan di FIFA Matchday September 2023. Laga tersebut digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, pada 8 September 2023.

Nama Turkmenistan menjadi calon lawan skuad Garuda sudah terdenger sejak beberapa waktu lalu ketika Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir menyinggung negara tersebut. Sehingga tidak mengagetkan jika negara peringkat 138 dunia itu kini menjadi lawan Timnas Indonesia.

Menariknya, Turkmenistan menjadi satu-satunya lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday September 2023. Padahal sejatinya Timnas Indonesia bisa saja melakoni dua laga di FIFA Matchday tersebut.

Kabar Timnas Indonesia hanya memainkan satu laga di FIFA Matchday September 2023 itu pun langsung dikonfirmasi oleh Ketum PSSI, Erick Thohir. Alasannya karena padatnya jadwal Timnas Indonesia senior dan kelompok umum pada akhir tahun nanti.

FIFA Matchday di periode September dilakukan pada tanggal 4-12. Biasanya, Skuad selalu memainkan dua slot yang tersedia di setiap FIFA Matchday.

Namun, berdasarkan pernyataan Erick Thohir terkait mayoritas Timnas Indonesia senior memang dihuni pemain-pemain muda dan juga membela timnas kelompok umur, seperti U-23 membuat kesulitan menentukan jadwal untuk FIFA Matchday September 2023.

Jadi, Timnas Indonesia senior dan U-23 harus berbagi waktu dengan padatnya jadwal masing. Timnas Garuda Muda -julukan Timnas Indonesia U-23 bertepatan pada FIFA matchday juga akan tampil dalam Kualifikasi Piala Asia U-23 pada 4-12 September 2023. Jadi, PSSI tidak bisa memaksakan mengambil dua slot pada FIFA matchday.

"Komposisi Timnas Indonesia banyak pemain U-23. Artinya kami akan isi tanggal 8 September melawan Turkmenistan," ucap Erick Thohir di Jakarta, Kamis (20/7/2023).

"Kami memang tidak bisa mengisi seperti biasanya dua laga. Ada Kualifikasi Piala Asia U-23 di Solo. Laga akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT)," tambahnya.

Sebatas informasi, Tim asuhan Shin Tae-yong berada di ranking 150 FIFA. Ranking itu turun satu peringkat yang tadinya 149 berdasarkan hasil FIFA matchday Juni.

Pada hasil FIFA Matchday Juni di Indonesia, Marselino Ferdinan dan kolega tidak meraih kemenangan. Hasilnya, Timnas Indonesia imbang 0-0 dengan Palestina dan kalah 1-2 dari Argentina. Foto: PSSI