Jelang Laga Timnas Indonesia vs Kamboja di GBK, Shin Tae yong Ragu Bisa Menang Mudah

Jelang Laga Timnas Indonesia vs Kamboja di GBK, Shin Tae yong Ragu Bisa Menang Mudah

KABARINDO, JAKARTA - Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-yong mengaku pesimis bisa menang mudah saat melawan Kamboja di laga Grup A Piala AFF 2022 pada Jumat 23 Desember 2022 pukul 16.30 WIB.

Pasalnya Shin Tae-yong menilai performa pasukannya mengalami penurunan sejak tak ada pertandingan di Liga 1 dan laga uji coba jelang turnamen tersebut.

Shin Tae-yong memprediksi perjalanan Timnas Indonesia pada Piala AFF 2022 tidak akan mudah. Apalagi mengingat skuad Garuda tergabung di Grup A bersama Thailand, Filipina, Brunei Darussalam, dan Kamboja.

Karena itu, Shin Tae-yong mengatakan laga perdana pastinya tidak akan mudah buat Skuad Garuda. Karena itu, Timnas Indonesia terus mematangkan berbagai persiapan.

Shin Tae-yong saat melatih Timnas Indonesia
"Untuk pertandingan pertama menurut saya bisa menjadi pertandingan yang sulit bagi tim kami. Sebab, setelah ada tragedi Kanjuruhan memang tidak ada tanding sama sekali, dan performa pasti menurun," ucap Shin Tae-yong di Jakarta, Selasa (20/12/2022)

Pelatih asal Korea Selatan itu mengatakan sebenarnya Timnas Indonesia memerlukan laga uji coba sebelum Piala AFF 2022. Namun, hal itu urung digelar dengan berbagai pertimbangan.

Tidak adanya pertandingan uji coba menurut Shin Tae-yong memberikan dampak menurunya performa para pemain. Meski pemusatan latihan (TC) telah dilakukan di Bali, Shin Tae-yong tetap merasa sejatinya uji coba tetap diperlukan.

"Jadi, apalagi tidak ada uji coba lawan siapa-siapa. Jadi, pastinya performa menurun," sambung Shin Tae-yong.

Kendati demikian, Shin Tae-yong mengatakan Timnas Indonesia tetap akan berjuang dalam laga nanti agar meraih hasil maksimal. Lantaran, pola latihan berat sudah dijalani timnya agar siap dalam Piala AFF 2022.

"Menurut saya, pastinya fisik sudah meningkat. Jadi, babak pertama pastinya akan sulit bagi kami," sambung pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Anggapan Shin Tae-yong bahwa laga melawan Kamboja bakal sulit mungkin memang saja bisa terjadi. Sebab Kamboja baru saja berhasil menumbangkan Filipina 3-2 di laga perdana Grup A pada Selasa (20/12/2022).

Foto: PSSI