Jembatan Gantung di India Ambruk, Korban Terkini 78 Orang Meninggal

Jembatan Gantung di India Ambruk, Korban Terkini 78 Orang Meninggal

KABARINDO, INDIA - Sedikitnya 78 orang tewas setelah jembatan penyeberangan ambruk di negara bagian Gujarat, India barat.

Ratusan orang tercebur ke Sungai Macchu di kota Morbi. Rekaman lokal menunjukkan orang-orang yang selamat tergantung di jembatan gantung yang sebagian terendam.

Laporan mengatakan sebanyak 400 orang berada di struktur pada saat itu. Brijesh Merja, seorang menteri negara bagian mengatakan lebih dari 80 orang telah diselamatkan.

Insiden itu terjadi hanya beberapa hari setelah jembatan dibuka kembali setelah perbaikan.

Penyeberangan era kolonial sepanjang 230 meter (754 kaki) dibangun selama pemerintahan Inggris di India pada abad ke-19. Dikenal secara lokal sebagai Julto Pool, ini adalah objek wisata yang populer di daerah tersebut.

Baca juga:  Jembatan Gantung di India Ambruk, 30 Orang Dinyatakan Tewas

Insiden pada Minggu (30/10/2022) ini terjadi sekitar pukul 18:40 (13:10 GMT).

Dikutip BBC, video menunjukkan adegan kekacauan ketika para penonton di tepi sungai berusaha menyelamatkan mereka yang terperangkap di dalam air saat kegelapan turun.

Video lain menunjukkan orang-orang memanjat sisa-sisa kawat terjaring dari jembatan untuk melarikan diri dari air.

Responden darurat dari distrik tetangga telah dikirim untuk membantu upaya penyelamatan, yang berlanjut hingga malam.

Tidak jelas apa yang menyebabkan jembatan itu ambruk, tetapi pihak berwenang setempat menduga ada kepadatan yang berlebihan karena hari libur untuk festival Diwali.

Video yang beredar di media sosial (medsos) memperlihatkan jembatan penyeberangan bergoyang di siang hari dipadati pejalan kaki.

Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi, yang berada di negara bagian asalnya di Gujarat dalam kunjungan tiga hari, mengatakan dia "sangat sedih dengan tragedi itu".

Modi telah mengumumkan kompensasi untuk yang terluka, serta keluarga terdekat dari mereka yang telah meninggal. Foto: Twitter